Search This Blog

Monday, December 15, 2025

Project Bike: Yamaha Jupiter-MX 2010 Part-3 (Restorasi Suspensi Depan)

Hello guys, gimana kabar kalian? Semoga semuanya sehat ya, di penghujung tahun 2025 ini cuaca mulai kembali ekstrim; di siang hari bisa panas menyengat tiba-tiba dalam kurun waktu kurang dari satu jam bisa berubah drastis ke hujan maupun angin. Tetap jaga kesehatan guys, jaga pola istirahat, makan yang sehat, olahraga rutin dan mengelola stress, agar nanti kita liburan Natal dan Tahun Baru bisa berkumpul dan refreshing bersama dengan keluarga sekalian.

Di part-3 ini kita melanjutkan membuka shock depan karena bocor, yah lagi-lagi karena motor tua dan second jadi terkadang kita tidak tahu semua detail “penyakit” bawaan motor dari tangan sebelumnya, tapi bukan masalah besar ini masih bisa diatasi bahkan dari rumah, yuk kita lanjut!


Kita persiapkan terlebih dahulu untuk spare part nya sebelum melepas total shock depan. Untuk part shock saya memakai part original dari Yamaha Genuine Part.


Komponen pertama adalah as shockbreaker depan kiri dan kanan (part no. 5YP-F3110-00), tentu ini saya ganti karena kondisi sekarang permukaanya sudah baret cukup parah.

Lalu tentu saja Oil Seal (part no. 4XC-F3145-00) dan Seal, Dust (part no. 4XC-F3144-00) setiap sisi butuh 1pc sehingga kita membeli 2pcs set.


Untuk minyak shock depan saya menggunakan merek Jumbo.

Untuk membongkar shock depan kita siapkan dulu kunci L atau kunci hexagon ukuran 10mm yang cukup panjang untuk dimasukkan ke as shock untuk mengganjal as agar tidak ikut berputar ketika melepas baut sulingnya.

Untuk melepas, posisikan shock depan pada langkah kompresi atau posisi shock paling pendek dan masukkan kunci L pada as, posisikan kira-kira profil segi delapan dari kunci L tersebut sudah masuk ke lubang segi delapan dari suling shock di dalamnya. Di bagian bawah tabung shock masukkan juga kunci L 10mm lalu untuk membuka putar ke kiri atau berlawanan arah jarum jam.

Setelah baut pengunci suling dan as shockbreaker terlepas, tarik keluar as shock dan sulinganya, lalu lepas dust seal keluar seperti pada gambar di atas. Proses pelepasan dapat dilakukan dengan cara mencongkel dengan hati-hati agar permukaan tabung shock tidak rusak.


Sebelum mencongkel atau melepas oil seal, kita lepas dulu clip penguncinya dengan mencongkel atau menjepit clip ke arah dalam terlebih dahulu sebelum melepas dari got atau alurnya. Melepas oil seal juga harus dilakukan dengan hati-hati dengan mencongkelnya keluar agar tidak melukai sisi dalam tabung shock yang juga dapat menyebabkan kebocoran oli.

Pasang dengan seksama dan hati-hati, yang pertama untuk oil seal-nya dengan part no. 4XC-F3145-00 lalu kembali pasang snap ring dan terakhir ganti dust seal dengan part no. 4XC-F3144-00. Lalu pasang kembali sulingan dan as shock-nya.

As shock yang baru permukaanya tentu masih kinclong dan mulus.


Setelah kedua shock depan terpasang pada segitiga, kita masukkan juga oli shock dengan takaran standar untuk Yamaha Jupiter MX generasi ini 65±2ml.


Untuk per sendiri ini kita bisa melakukan setting tipis-tipis dengan cara memasukkan bagian per yang renggang atau rapat terlebih dahulu ke bagian bawah shock depan. Bagian yang rapat pada bagian bawah membuat setting shock depan lebih kaku namun lebih enak untuk melibas jalan beraspal mulus dan tikungan, ban depan serasa lebih stabil, namun ketika ada jalan berlubang atau kontur tidak rata, pantulan shock juga akan lebih keras. Sebaliknya, bila bagian renggang di posisi bawah shock redaman terhadap jalan rusak lebih baik, namun kestabilan saat dibuat menikung sedikit berkurang. Untuk saya sendiri karena jalan di sekitar saya masih banyak yang rusak, saya pakai bagian yang renggan pada bagian bawah.

Setelah itu kita rakit kembali semuanya, karena di part-2 kemarin kita skip untuk melakukan bleeding minyak rem saatnya kita lakukan bleeding yang caranya dapat dilihat di artikel; https://9-engineering.blogspot.com/2020/10/ganti-kampas-rem-yamaha-jupiter-z-2004.html

Oke, kira-kira untuk part-3 kita cukupkan sampai di sini dulu, next kita akan lanjut ke suspensi bagian belakang dan mulai merambah ke area mesin. Terima kasih semuanya yang sudah mampir semoga bermanfaat ya. Keep stay tuned, ciao!


Regards,

Gigih


Daftar Artikel:

Part-1: https://9-engineering.blogspot.com/2025/10/project-bike-yamaha-jupiter-mx-2010.htm

Part-2: https://9-engineering.blogspot.com/2025/11/project-bike-yamaha-jupiter-mx-2010.html








No comments:

Post a Comment