Hello guys, lanjut dari part-1 (link: https://9-engineering.blogspot.com/2025/10/project-bike-yamaha-jupiter-mx-2010.html), kita akan lanjut ke part-2 yang masih membahas sektor kaki-kaki dan sistem pengereman depan.
Kampas rem, cakram sudah kembali “diremajakan” namun ada masalah lain yang timbul; shock depan sudah rembes guys dan kiri-kanan.
Namun sebelum itu, sekalian body motor sedang terlepas, kita mending ganti selang ke tipe braided dari TDR terlebih dahulu untuk feel pengereman yang lebih presisi.
Pertama, kita buang terlebih dahulu minyak rem dari sistem pengereman dengan cara mengendurkan baut bleeder yang ada pada caliper rem depan.
Lalu lepas tutup reservoir minyak rem di master rem dengan cara melepas baut yang ditunjukkan pada no.1 dan 2 pada gambar di atas. Ini bertujuan untuk memudahkan kita untuk me-monitoring kondisi minyak rem apakah sudah kosong atau belum dari sistem pengereman depan. Sebelum kita melakukan pemompaan minyak rem, pastikan saluran bleeder tertadah dengan baik yang biasanya disambung selang yang ujungnya tertadah pada wadah besi atau nampan plastic. Bila sudah, pompa minyak rem dengan menekan dan melepas tuas rem selama beberapa kali sampai kira-kira minyak di reservoir master rem habis, lakukan langkah ini dengan hati-hati agar minyak rem tidak terlalu tertekan sehingga muncrat atau berantakan.
Tutup atau kencangkan kembali baut bleeder di caliper rem depan dan lepas baut selang rem-nya yang ditunjukkan pada no. 3 pada gambar di atas. Simpan baut dan kedua ring tembaga nya jangan sampai hilang ataupun rusak.
Lalu
lepas pivot lain yang mengikat selang
rem, yang ditunjukkan pada no. 4 dan 5 pada gambar di atas.
Yang
perlu diperhatikan saat memasang baut banjo
adalah perhatikan posisi ring kuningan atau tembaga pada saat melepas tadi.
Ring ini berfungsi sebagai seal atau
perapat agar tidak ada minyak rem yang merembes keluar ketika sistem pengereman
bekerja.
Sejenak
kita skip dulu untuk bleeding minyak
rem kembali, kita lanjut untuk restorasi segi suspensi depan yang bocor. Lepas
kembali caliper rem depan, gantungkan
ke tempat yang aman dan lepas kembali roda depan. Selanjutnya kita lepas spakbor depan dengan melepas baut no. 7
dan 8 pada gambar di atas, lakukan ini di sisi kiri dan kanan.
Sampai di sini kita bisa lihat permukaan as shock yang sudah baret parah, ini menjadi kemungkinan penyebab kenapa oli shock depan bocor dan mengurangi performa suspensi depan. Oli yang bocor juga dapat menyebabkan kecelakaan berkendara bila menetes ke pemukaan ban ataupun permukaan cakram. Hmm… sepertinya harus ganti as shock yang baru nih hehe.
Kita lanjut melepas suspensi depan dengan melepas per-nya terlebih dahulu, lepas baut no. 9 pada gambar di atas, lakukan secara hati-hati karena baut dapat terpental saat pelepasan karena tekanan dari per shock depan. Lalu tarik keluar per-nya dan tadahkan pada tempat yang aman dan terbebas dari debu. Lepas baut pengikat ke segitiga komstir pada no. 10 dan 11 pada gambar di atas lalu tarik turun shock depanya. Lakukan langkah ini di sisi kiri dan kanan.
Regards,
Gigih
Daftar Artikel:
Part-1: https://9-engineering.blogspot.com/2025/10/project-bike-yamaha-jupiter-mx-2010.html











No comments:
Post a Comment