Keihin
PE 24… Kalo denger nama ini temen-temen biasanya banyak yang udah pada tau,
karbu legendaris untuk modif atau tuning biar tuambuah kuenceng larinya. Dan
karburator ini terkenal di era 2000-an awal di kancah road race, biasanya
dipake di kelas 110an cc kalo ga salah karena kalo yang 125an cc pakenya udah
yang venture 28.
Kali
ini kembali coba saya share coro bodho saya untuk setting karburator PE 24
keluaran Keihin. Lha kenapa lagi-lagi coro bodho yang saya share, ini karena
pastinya banyak dari kita (termasuk saya) memiliki keterbatasan terutama
mengenai fasilitas untuk melakukan tuning ataupun pengukuran dan pengambilan
data. Maka coro bodho ini sangat membantu saya untuk mengaktualisasikan hobby
saya di bidang otomotif.
Sebenernya
saya punya karburator jenis Keihin PE ini semenjak 2009 silam, tapi baru
kesampaian untuk aplikasi ke motor di tahun 2019 dengan settting mesin sudah
bore up 130cc. Ada pertanyaan kenapa kok cuman 24mm? Lha karburator ini mau
saya pasang untuk motor Jupiter-Z yang speknya cuman bore up 130cc, head masih
full std, dan kompresi masih 11-an banding 1, ditambah karburator standardnya
hanya berukuran venture 17mm, jadi yaa kira-kira cukup laaaah.
OK, so
jadi kaya begini “wujud” PE24 yang udah saya pasang ke motor, ga rapi, tapi
cukup seneng karena semuanya kebetulan saya pasang dan setting sendiri daaaaan,
performanya wuuuh top lah, sampe ngeri aja karena CDI Hyperband BRT kan
limitnya ketinggian jadi ga berani ngetes sampe pol. Next nya lah, nanti saya
pasang varian CDI yang bisa setting limiter, oh dan sabar ya soalnya gambar ini
bakal sering saya pake buat explain cara saya untuk setting, stay tune…
Setelah
karbu di pasang, hal pertama yang dilakukan setel angin-angin atau air mixture
screw dan idle (nanti cara detailnya di jelaskan). Setelah itu coba test jalan
dan rasakan feel-nya, kemaren di motor saya ga enak, malah jadi terlalu basah,
brebet dan gampang mati. Hal pertama yang bisa dilakukan kalo ga enak adalah
cabut skep, lepas jarum berikut klip-nya, pasang clip jarum (Needle Clip) ke
posisi paling bawah menuju ke arah jarum yang runcing. Hal ini ditujukan untuk mengurangi
debit bahan bakar, ini dikarenakan venturinya lebih besar 7mm dari standard nya
yang 17mm yang tentunya akan berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya debit
bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, inilah yang menyebabkan campuran
terlampau basah.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiBOXLpbkQbpSXybZxMovNLDny6AAZfl5jVRWsHw_JWTk4FII7r5KK_aIkA5oZ41TPgpwt32AtD_ccybe9JWnxSj141zkfMIVGq8LBpI6WHMQ-Ivn0uKoQYmsdQeRiwBls1PtTTkJhsBLs/w400-h261/4.bmp)
Lha,
waktu itu masih ga enak juga, singkat cerita saya tembak aja ini main jet sama
pilot jet yang musti di setting lebih lanjut. Kenapa nembak? Pertama dari
komponen-komponen karburator itu sendiri, diurutkan dari yang settingnya paling
gampang, air mixture atau angin-angin dan idle atau stasioner, ini jelas,
karena 2 screw ini ada di luar, paling gampang. Seterusnya ada di posisi clip
needle tadi dan saya masih ngerasa kurang
Nah
apa itu main jet dan pilot jet? Main jet lokasi di kebanyakan karburator itu
posisinya seperti di ilustrasi di atas, biasanya segaris dengan sumbu diameter
jarum, ini difungsikan untuk menyuplai bahan bakar di putaran menengah sampai
atas, membesarkan ukuran main jet akan memperkaya debit bahan bakar dan
sebaliknya. Pilot jet, letaknya biasanya di sebelah main jet, berfungsi untuk
menyuplai bahan bakar di putaran bawah hingga menengah, sama seperti main jet
membesarkan ukuran akan memperkaya debit bahan bakar dan sebaliknya.
Lha di
motor saya ini, sama sekali tidak enak dipakai di putaran bawah dan atas,
sering mati, di gas mendadak sedikit juga mati, diurut putaranya brebet, jadi analisa
saya; main jet dan pilot jetnya perlu di setting ulang ukuranya. Mengacu pada
ukuran standard dari Jupiter-Z main jet berukuran 105, pilot jet 17.5 (kalo ga
salah wong cuman baca tulisan yang di marking di pilot jet-nya hehe), sedangkan
ukuran bawaan karbu PE 24 saya; Main jet 132, Pilot Jet 38. Dari data ini bisa
dilihat kalo ukuran main jet dan pilot jet bawaan PE 24 selisihnya jauh dari
standard-nya dan kemungkinan settingan menjadi terlalu basah sangat besar untuk
terjadi, maka saya cari spuyer set atau pilot jet dan main jet dengan berbagai
step atau ukuran di pasar. Didapatlah merk KTC Racing yang juga terbatas ukuran
yang available waktu itu, sehingga saya putuskan untuk memakai main jet ukuran
110 dan pilot jet ukuran 35.
Setelah
dipasang kembali, cara setting saya mungkin agak beda tapi saya paka cara ini
saya rasa motor lebih bertenaga dari cara setting karburator pada umumnya;
1.
Idle screw atau pengatur stasioner tutup, lalu
buka 2 putaran
2. Air
mixture screw atau pengatur angin-angin buka maksmal (gapapa kalo sampe lepas)
lalu tutup 2 putaran dari spring bereaksi. Jadi gini; di dalam baut angin-angin
kalau di lepas ada spring atau per-nya, pasang lagi lalu cari feeling dimana
per mulai menekan, biasanya ada suara pelan “trek, trek” seperti itu. Mungkin ini
akan sedikit susah dilakuin di lingkungan yang bising atau yang belum terbiasa
dengan feeling spring seperti ini. Tapi kalo kita teliti-teliti akan ketauan
beda di mana per screw sudah mulai menekan atau belum baik dari segi suara
maupun feeling di tangan saat diputar-putar menggunakan obeng.
3. Nyalakan
motor, kalau susah menyala tutup lagi baut stasioner per-2 putaran. Jika sampai
mentok masih belom menyala juga bisa dengan bantuan choke ditarik. Jika sudah
menyala tapi stasioner terlalu rendah, tinggikan stasioner dengan menutup baut
stasioner sampai mendapat kondisi yang diinginkan. Jika menyala dan stasioner
terlalu tinggi, tutup screw stasioner sampai mendapat kondisi yang diinginkan.
4. Sambil
memantau dan menyesuaikan stasioner atau idle nya menggunakan cara no.3, tutup
baut air mixture per-1 putaran, bleyer atau gas-gas motor dan pastikan saat gas
ditutup putaran atau rpm mesin dapat turun dengan benar dan tidak “manjing”
atau nyangkut. Jika iya maka setting baut angin-angin dapat dihentikan karena
telah mencapai setting (no load) campuran bahan bakar dan udara yang optimal. Jika
rpm-nya nyangkut maka dapat ditutup lagi per-1 putaran. Putaran ini dapat
diperkecil dengan kondisi jika sudah ketemu settingnya kita ingin mencoba lebih
presisi lagi maka buka ½ putaran, ½ putaran ingin lebih teliti lagi, jika
tambah ½ putaran malah nyangkut diperkecil menjadi ¼ putaran dan serterusnya.
5. Matikan mesin sejenak dan coba nyalakan, jika
susah, angin-angin dapat ditutup ½ putaran terlebih dahulu lalu coba nyalakan
lagi. Cara ini dilakukan karena metode yang saya lakukan adalah mencari setting
campuran bahan bakar dan udara sekaya mungkin, sehingga jika susah start
terjadi saya asumsikan campuran bahan bakar-nya terlalu banyak dan menyebabkan
mesin menjadi susah menyala. Jika tidak maka dapat lanjut ke langkah no.6. hal
ini juga subjektif jika ada temen-temen yang memang merasa tidak masalah jika
motor menjadi susah untuk start atau jika motor memang akan diperuntukkan untuk
keperluan track atau balap.
6. Test jalan motornya, tentunya dengan
memperhatikan kondisi keselamatan diri dan orang lain. Jika saat pengetesan
masih terdapat gejala nyangkut saat gas ditutup atau mbrebet di putaran atas
ataupun saat di gas mendadak maka kembali ke langkah no.4. Jika tidak dan
performa sudah sesuai dengan keinginan maka setting sudah selesai.
Memang
setting karbu ini sedikit “tricky” itupun juga saya masih mengalaminya, tapi
dengan ketelitian dan ketekunan saya yakin temen-temen juga bisa melakukan
setting karbu sendiri dan hasilnya juga memuaskan.
Sedikit
dirangkum jika mempunyai karburator PE atau sejenis yang dicangkokan ke mesin
temen-temen lingkaran analisa atau settignya adalah; idle scre dan air mixture
scre à Posisi
clip pada jarum skep à
Spuyer atau ukuran main jet, pilot jet-nya. Tuner-tuner atau temen-temen
mungkin sudah tau skep dan ukuran jarum bisa di setting juga, itu betul tapi
sampai saat ini saya belum mendalaminya dikarenakan hasil setting ini ke
Jupiter-Z bore up saya sudah mencukupi untuk saya pakai harian.
Nah
bagi yang punya usulan dan diskusi yang membangun silahkan comment di kolom di
bawah, terima kasih banyak buat temen-temen yang sudah mampir dan support.
No comments:
Post a Comment