Search This Blog

Thursday, May 28, 2020

"Coro Bodho" : Setting Karburator PE 24

Keihin PE 24… Kalo denger nama ini temen-temen biasanya banyak yang udah pada tau, karbu legendaris untuk modif atau tuning biar tuambuah kuenceng larinya. Dan karburator ini terkenal di era 2000-an awal di kancah road race, biasanya dipake di kelas 110an cc kalo ga salah karena kalo yang 125an cc pakenya udah yang venture 28.

Kali ini kembali coba saya share coro bodho saya untuk setting karburator PE 24 keluaran Keihin. Lha kenapa lagi-lagi coro bodho yang saya share, ini karena pastinya banyak dari kita (termasuk saya) memiliki keterbatasan terutama mengenai fasilitas untuk melakukan tuning ataupun pengukuran dan pengambilan data. Maka coro bodho ini sangat membantu saya untuk mengaktualisasikan hobby saya di bidang otomotif.

Sebenernya saya punya karburator jenis Keihin PE ini semenjak 2009 silam, tapi baru kesampaian untuk aplikasi ke motor di tahun 2019 dengan settting mesin sudah bore up 130cc. Ada pertanyaan kenapa kok cuman 24mm? Lha karburator ini mau saya pasang untuk motor Jupiter-Z yang speknya cuman bore up 130cc, head masih full std, dan kompresi masih 11-an banding 1, ditambah karburator standardnya hanya berukuran venture 17mm, jadi yaa kira-kira cukup laaaah.


OK, so jadi kaya begini “wujud” PE24 yang udah saya pasang ke motor, ga rapi, tapi cukup seneng karena semuanya kebetulan saya pasang dan setting sendiri daaaaan, performanya wuuuh top lah, sampe ngeri aja karena CDI Hyperband BRT kan limitnya ketinggian jadi ga berani ngetes sampe pol. Next nya lah, nanti saya pasang varian CDI yang bisa setting limiter, oh dan sabar ya soalnya gambar ini bakal sering saya pake buat explain cara saya untuk setting, stay tune…


Setelah karbu di pasang, hal pertama yang dilakukan setel angin-angin atau air mixture screw dan idle (nanti cara detailnya di jelaskan). Setelah itu coba test jalan dan rasakan feel-nya, kemaren di motor saya ga enak, malah jadi terlalu basah, brebet dan gampang mati. Hal pertama yang bisa dilakukan kalo ga enak adalah cabut skep, lepas jarum berikut klip-nya, pasang clip jarum (Needle Clip) ke posisi paling bawah menuju ke arah jarum yang runcing. Hal ini ditujukan untuk mengurangi debit bahan bakar, ini dikarenakan venturinya lebih besar 7mm dari standard nya yang 17mm yang tentunya akan berpengaruh signifikan terhadap meningkatnya debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, inilah yang menyebabkan campuran terlampau basah.


Lha, waktu itu masih ga enak juga, singkat cerita saya tembak aja ini main jet sama pilot jet yang musti di setting lebih lanjut. Kenapa nembak? Pertama dari komponen-komponen karburator itu sendiri, diurutkan dari yang settingnya paling gampang, air mixture atau angin-angin dan idle atau stasioner, ini jelas, karena 2 screw ini ada di luar, paling gampang. Seterusnya ada di posisi clip needle tadi dan saya masih ngerasa kurang 


Nah apa itu main jet dan pilot jet? Main jet lokasi di kebanyakan karburator itu posisinya seperti di ilustrasi di atas, biasanya segaris dengan sumbu diameter jarum, ini difungsikan untuk menyuplai bahan bakar di putaran menengah sampai atas, membesarkan ukuran main jet akan memperkaya debit bahan bakar dan sebaliknya. Pilot jet, letaknya biasanya di sebelah main jet, berfungsi untuk menyuplai bahan bakar di putaran bawah hingga menengah, sama seperti main jet membesarkan ukuran akan memperkaya debit bahan bakar dan sebaliknya.


Lha di motor saya ini, sama sekali tidak enak dipakai di putaran bawah dan atas, sering mati, di gas mendadak sedikit juga mati, diurut putaranya brebet, jadi analisa saya; main jet dan pilot jetnya perlu di setting ulang ukuranya. Mengacu pada ukuran standard dari Jupiter-Z main jet berukuran 105, pilot jet 17.5 (kalo ga salah wong cuman baca tulisan yang di marking di pilot jet-nya hehe), sedangkan ukuran bawaan karbu PE 24 saya; Main jet 132, Pilot Jet 38. Dari data ini bisa dilihat kalo ukuran main jet dan pilot jet bawaan PE 24 selisihnya jauh dari standard-nya dan kemungkinan settingan menjadi terlalu basah sangat besar untuk terjadi, maka saya cari spuyer set atau pilot jet dan main jet dengan berbagai step atau ukuran di pasar. Didapatlah merk KTC Racing yang juga terbatas ukuran yang available waktu itu, sehingga saya putuskan untuk memakai main jet ukuran 110 dan pilot jet ukuran 35.


Setelah dipasang kembali, cara setting saya mungkin agak beda tapi saya paka cara ini saya rasa motor lebih bertenaga dari cara setting karburator pada umumnya;

1.       Idle screw atau pengatur stasioner tutup, lalu buka 2 putaran

2.      Air mixture screw atau pengatur angin-angin buka maksmal (gapapa kalo sampe lepas) lalu tutup 2 putaran dari spring bereaksi. Jadi gini; di dalam baut angin-angin kalau di lepas ada spring atau per-nya, pasang lagi lalu cari feeling dimana per mulai menekan, biasanya ada suara pelan “trek, trek” seperti itu. Mungkin ini akan sedikit susah dilakuin di lingkungan yang bising atau yang belum terbiasa dengan feeling spring seperti ini. Tapi kalo kita teliti-teliti akan ketauan beda di mana per screw sudah mulai menekan atau belum baik dari segi suara maupun feeling di tangan saat diputar-putar menggunakan obeng.

3.   Nyalakan motor, kalau susah menyala tutup lagi baut stasioner per-2 putaran. Jika sampai mentok masih belom menyala juga bisa dengan bantuan choke ditarik. Jika sudah menyala tapi stasioner terlalu rendah, tinggikan stasioner dengan menutup baut stasioner sampai mendapat kondisi yang diinginkan. Jika menyala dan stasioner terlalu tinggi, tutup screw stasioner sampai mendapat kondisi yang diinginkan.

4.     Sambil memantau dan menyesuaikan stasioner atau idle nya menggunakan cara no.3, tutup baut air mixture per-1 putaran, bleyer atau gas-gas motor dan pastikan saat gas ditutup putaran atau rpm mesin dapat turun dengan benar dan tidak “manjing” atau nyangkut. Jika iya maka setting baut angin-angin dapat dihentikan karena telah mencapai setting (no load) campuran bahan bakar dan udara yang optimal. Jika rpm-nya nyangkut maka dapat ditutup lagi per-1 putaran. Putaran ini dapat diperkecil dengan kondisi jika sudah ketemu settingnya kita ingin mencoba lebih presisi lagi maka buka ½ putaran, ½ putaran ingin lebih teliti lagi, jika tambah ½ putaran malah nyangkut diperkecil menjadi ¼ putaran dan serterusnya.

5.     Matikan mesin sejenak dan coba nyalakan, jika susah, angin-angin dapat ditutup ½ putaran terlebih dahulu lalu coba nyalakan lagi. Cara ini dilakukan karena metode yang saya lakukan adalah mencari setting campuran bahan bakar dan udara sekaya mungkin, sehingga jika susah start terjadi saya asumsikan campuran bahan bakar-nya terlalu banyak dan menyebabkan mesin menjadi susah menyala. Jika tidak maka dapat lanjut ke langkah no.6. hal ini juga subjektif jika ada temen-temen yang memang merasa tidak masalah jika motor menjadi susah untuk start atau jika motor memang akan diperuntukkan untuk keperluan track atau balap.

6.   Test jalan motornya, tentunya dengan memperhatikan kondisi keselamatan diri dan orang lain. Jika saat pengetesan masih terdapat gejala nyangkut saat gas ditutup atau mbrebet di putaran atas ataupun saat di gas mendadak maka kembali ke langkah no.4. Jika tidak dan performa sudah sesuai dengan keinginan maka setting sudah selesai.

Memang setting karbu ini sedikit “tricky” itupun juga saya masih mengalaminya, tapi dengan ketelitian dan ketekunan saya yakin temen-temen juga bisa melakukan setting karbu sendiri dan hasilnya juga memuaskan.

Sedikit dirangkum jika mempunyai karburator PE atau sejenis yang dicangkokan ke mesin temen-temen lingkaran analisa atau settignya adalah; idle scre dan air mixture scre à Posisi clip pada jarum skep à Spuyer atau ukuran main jet, pilot jet-nya. Tuner-tuner atau temen-temen mungkin sudah tau skep dan ukuran jarum bisa di setting juga, itu betul tapi sampai saat ini saya belum mendalaminya dikarenakan hasil setting ini ke Jupiter-Z bore up saya sudah mencukupi untuk saya pakai harian.

Nah bagi yang punya usulan dan diskusi yang membangun silahkan comment di kolom di bawah, terima kasih banyak buat temen-temen yang sudah mampir dan support.

Regards,

 

Gigih


No comments:

Post a Comment