Nah, udah lama ga ngepost sesuatu lagi. Ada
apa dengan Jupiter-Z saya? Jadi terhitung dari 2016 sampai saat ini (Mei 2020)
saya sudah melakukan beberapa upgrade yang tadinyaaaa….. pengen saya bahas
per-detail instalasi setting dan sedikit testimoni. Tapi gapapa kesempatan kali
ini saya akan coba melakukan beberapa review secara general.
Sedikit flash back Jupiter-Z dulu di 2016 wujudnya
begini nih.
Saat itu yang saya upgrade partnya; suspensi belakang pake YSS DTG, yes biar handling makin mantap, karena pake standard udah bottoming, oli bocor, per bengkok ga enak deh. Next, per kopling pake BRT (dibarengi ganti kampas baru waktu itu); tarikan jadi making nendang ya pasti ya walau sampai saat ini saya ga convert ke kopling manual karena ini masih saya alokasikan sebagai motor harian yang amit-amit tangan kiri lagi kenapa-kenapa atau lagi ada barang yang musti dipegang semisal galon air, riding ga ribet.
Camshaft pakai Kawahara K1 yang punya durasi 2600 yang memang tujuan saya untuk memperbesar dan memperlancar debit gas bakar baru dan sisa pembakaranya (artikel cam upgrade; http://9-engineering.blogspot.co.id/2016/11/project-bike-jupiter-z-2006-cam-upgrade.html) ini aja dulu pulang kampung Jogja-Solo lewat ring road ga kalah lah kejar-kejaran sama bebek sekelas keluaran baru.
Nah sekarang motor udah jadi kaya begini, yang paling mencolok di penggunaan pelek racing punya Jupiter-Z tahun 2011, dibalut ban Aspira Terreno tubeless. Tujuan mengganti pelek dengan tipe cast wheel dari spoke wheel ini selain buat gaya juga biar bisa dipasang ban tubeless, maklum pake ban dalem udah angin kurang awet, kurang tahan sama paku-paku, jadi kalo bocor dan apesnya ketemu oknum tambal yang menggetok wah, repot udah urusan. Next saya juga sudah pake cakram lebar keluaran TDR, artikel upgradenya bisa di cek di link ini; https://9-engineering.blogspot.co.id/2018/03/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004-tdr.html . Maklum, motor lama, cakram udah kemakan, sekalian untuk meningkatkan performa pengereman.
Untuk sector mesin sendiri udah pake
gas spontan TDR, Intake Manifold TDR dan Karburator “cukup” Keihin PE24. CDI pakai BRT Hyperband,
mungkin ke depan pengen pakai yang bisa setting limit hehe. Exhaust pake
knalpot legendaris AHRS F4 yang sudah saya punya semenjak STM. Cylinder dan
piston sendiri sudah pakai paket bore up moto1 55mm, kubikasi meningkat semula
110cc menjadi 128.2cc yaaa kelas 130cc gitu lah. Head dan sector klep masih standard
dan mungkin rekan sekalian ada pertanyaan kenapa cuman 130cc kenapa ga di
porting, gedein klep, setting squish gitu-gitu. Nah coba saya jelasin cara
sederhananya atau yang orang biasa bilang “Coro Bodho”.
Oke, pertama kita musti tau dulu
fungsi kita upgrade ini mau ngapain, batas-batasanya gimana, karena banyak
orang yang modif mesin gila-gilaan, ngejar Horse Power tinggi tapi jalanya ga
cukup… overpower… semacam itu, ya itu pilihan sih cuman untuk saya hal itu
membuat hasil tuning saya jadi kurang efisien ditambah perhitungan-perhitungan
singkat yang saya lakukan sudah cukup untuk mengaplikasi spec ini.
Motor saya masih mau saya gunakan
untuk harian, tidak over power, perbandingan kompresi max 11:1 biar masih bisa
memakai bahan bakar setara Pertamax yang gampang dijumpai di pom bensin. Plus
kita juga musti tau dulu spesifikasi standard motor untuk jadi patokan.
Spesifikasi standard Jupiter-Z 2005:
Bore x Stroke: 51.0 x 54.0mm
Perbandingan Kompresi: 9.3:1
Dengan memakai rumus;
Di mana:
E= Perbandingan Kompresi
VL= Volume Langkah (cc)
VS= Volume Sisa (cc)
Di mana:
r= Radius dari diameter atau bore
cylinder (cm)
l= Panjang langkah atau stroke (cm)
jadi VL-nya;
Nah Volume sisa secara teoritis adalah 11.96cc dan
nilai ini akan kita kunci dikarenakan tidak adanya setting atau mengubah area
squish pada head cylinder.
Sekarang spec dari paket bore up Moto1 adalah bore
55mm dengan system plug and play alias pasang part langsung bisa dipakai
Berarti secara teoritis volume langkah paket bore up Moto1 menjadi 128.23cc di Jupiter-Z
Perhitungan teoritis perbandingan kompresinya sebagai berikut (menggunakan nilai VS yang sama)
Nah di sini didapat perbandingan kompresinya akan menjadi 11:7:1, hmmm tinggi yah. Nilai segini idealnya meneggak Pertamax Turbo atau V-Power Produk Shell yang punya RON kira kira di angka 98, lha masalahnya produk-produk dengan RON segitu masih tergolong jarang Pom Bensin yang menyediakan, so… actualnya saat ini motor saya pakai harian masih saya “minumin” Pertamax dan ga ada masalah hehe, it’s still debatable but… yaaa gapapa lah ya
(Courtesy of Yamaha Motor Manufacturing Indonesia)
Ini untuk perencanaan saat saya mau bore up dulu, sekarang untuk Oli, selama lebih dari satu decade saya pakai Yamalube Silver SAE 20W-40 API SJ sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan. Masalahnya adalah setelah proyek bore up selesai terpasang ini tipe oli kayanya malah makin susah dicari. Beranjak dari tipe oli ini sebagai benchmark sekalian saya ganti ke tipe Gold 10W-40 API SL.
(Courtesy of Evalube)
Tapi alih-alih saya masih pake Yamalube saya ganti
ke Evalube 4T Pro karena banyak di pasaran tipe yang sama dengan harga yang
lebih “kompetitif” dengan spec yang sama atau lebih. Mungkin nanti ada beberapa
pertanyaan seperti kenapa musti 10W-40? Lha ini simple sebenernya coro bodho
juga; jadi kan 10W-40 ini jamak digunakan di motor-motor keluaran yang lebih
baru, lha paket bore up ini saya ibaratkan sebagai mesin yang baru juga dengan
spec harian, maka saya pikir cukup unutk menggunakan tipe oli ini.
Nah sedikit kesimpulan intinya bagaimanapun saya
masih mencoba untuk melakukan tuning dan meng-ekspresikan passion saya dengan
mempertimbangkan berbagai aspek sehingga hasilnya bisa seefisien dan seefektif
mungkin. Memang masih banyak kekurangan terlebih untuk pemilihan bahan bakar,
karena saya belum punya mill sheet atau data sheet dari produk Pertamina dan
melakukan uji pengukuran serta kompatibilitas terhadap mesin saya, pun juga
untuk pemilihan olinya. Semoga di kesempatan yang mendatang saya bisa improve
dan tuningnya bisa makin Oke.
Nah thank you temen-temen sekalian jika ada diskusi atau input yang membangun bisa di comment di bawah. Jangan lupa stay safe di tengah pandemi COVID-19 ini, see you
Regards
Gigih
Tks Om Gigih untuk sharing nya... ayo yg punya Jupiter Z bisa coba tuning seperti article diatas... Good share...
ReplyDeleteThank you juga Om hehe
DeleteKlo motor vario 125 biar larinya josss hrs di apain ya mas gigih?
ReplyDeleteBaik yang fi/maupun karbu, fokus pertama itu ke mesin, mungkin tuning sedang kaya bore up 130/150, pasang karbu 24/28 dan upgrade injector buat yang fi, ga lupa upgrade CDI atau ECU, targetnya enteng ke angka 100~110km/h dulu karena biasanya motor standard sekelas lemot buat nyampe ke kecepatan segitu
Delete