Search This Blog

Tuesday, May 26, 2020

Project Bike: Yamaha Jupiter-Z 2004 saat ini + "Coro Bodho" Kalo Pengen Bore Up

Nah, udah lama ga ngepost sesuatu lagi. Ada apa dengan Jupiter-Z saya? Jadi terhitung dari 2016 sampai saat ini (Mei 2020) saya sudah melakukan beberapa upgrade yang tadinyaaaa….. pengen saya bahas per-detail instalasi setting dan sedikit testimoni. Tapi gapapa kesempatan kali ini saya akan coba melakukan beberapa review secara general.

Sedikit flash back Jupiter-Z dulu di 2016 wujudnya begini nih.


Saat itu yang saya upgrade partnya; suspensi belakang pake YSS DTG, yes biar handling makin mantap, karena pake standard udah bottoming, oli bocor, per bengkok ga enak deh. Next, per kopling pake BRT (dibarengi ganti kampas baru waktu itu); tarikan jadi making nendang ya pasti ya walau sampai saat ini saya ga convert ke kopling manual karena ini masih saya alokasikan sebagai motor harian yang amit-amit tangan kiri lagi kenapa-kenapa atau lagi ada barang yang musti dipegang semisal galon air, riding ga ribet. 



Camshaft pakai Kawahara K1 yang punya durasi 2600 yang memang tujuan saya untuk memperbesar dan memperlancar debit gas bakar baru dan sisa pembakaranya (artikel cam upgrade; http://9-engineering.blogspot.co.id/2016/11/project-bike-jupiter-z-2006-cam-upgrade.html) ini aja dulu pulang kampung Jogja-Solo lewat ring road ga kalah lah kejar-kejaran sama bebek sekelas keluaran baru.





Nah sekarang motor udah jadi kaya begini, yang paling mencolok di penggunaan pelek racing punya Jupiter-Z tahun 2011, dibalut ban Aspira Terreno tubeless. Tujuan mengganti pelek dengan tipe cast wheel dari spoke wheel ini selain buat gaya juga biar bisa dipasang ban tubeless, maklum pake ban dalem udah angin kurang awet, kurang tahan sama paku-paku, jadi kalo bocor dan apesnya ketemu oknum tambal yang menggetok wah, repot udah urusan. Next saya juga sudah pake cakram lebar keluaran TDR, artikel upgradenya bisa di cek di link ini; https://9-engineering.blogspot.co.id/2018/03/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004-tdr.html . Maklum, motor lama, cakram udah kemakan, sekalian untuk meningkatkan performa pengereman.





Untuk sector mesin sendiri udah pake gas spontan TDR, Intake Manifold TDR dan Karburator  “cukup” Keihin PE24. CDI pakai BRT Hyperband, mungkin ke depan pengen pakai yang bisa setting limit hehe. Exhaust pake knalpot legendaris AHRS F4 yang sudah saya punya semenjak STM. Cylinder dan piston sendiri sudah pakai paket bore up moto1 55mm, kubikasi meningkat semula 110cc menjadi 128.2cc yaaa kelas 130cc gitu lah. Head dan sector klep masih standard dan mungkin rekan sekalian ada pertanyaan kenapa cuman 130cc kenapa ga di porting, gedein klep, setting squish gitu-gitu. Nah coba saya jelasin cara sederhananya atau yang orang biasa bilang “Coro Bodho”.

Oke, pertama kita musti tau dulu fungsi kita upgrade ini mau ngapain, batas-batasanya gimana, karena banyak orang yang modif mesin gila-gilaan, ngejar Horse Power tinggi tapi jalanya ga cukup… overpower… semacam itu, ya itu pilihan sih cuman untuk saya hal itu membuat hasil tuning saya jadi kurang efisien ditambah perhitungan-perhitungan singkat yang saya lakukan sudah cukup untuk mengaplikasi spec ini.

Motor saya masih mau saya gunakan untuk harian, tidak over power, perbandingan kompresi max 11:1 biar masih bisa memakai bahan bakar setara Pertamax yang gampang dijumpai di pom bensin. Plus kita juga musti tau dulu spesifikasi standard motor untuk jadi patokan. Spesifikasi standard  Jupiter-Z 2005:

Bore x Stroke: 51.0 x 54.0mm

Perbandingan Kompresi: 9.3:1
Dengan memakai rumus;


Di mana:
E= Perbandingan Kompresi
VL= Volume Langkah (cc)
VS= Volume Sisa (cc)

Di mana:

r= Radius dari diameter atau bore cylinder (cm)
l= Panjang langkah atau stroke (cm)
jadi VL-nya;



VS-nya berarti dibalik rumusnya jadi;





Nah Volume sisa secara teoritis adalah 11.96cc dan nilai ini akan kita kunci dikarenakan tidak adanya setting atau mengubah area squish pada head cylinder.

Sekarang spec dari paket bore up Moto1 adalah bore 55mm dengan system plug and play alias pasang part langsung bisa dipakai



Berarti secara teoritis volume langkah paket bore up Moto1 menjadi 128.23cc di Jupiter-Z
Perhitungan teoritis perbandingan kompresinya sebagai berikut (menggunakan nilai VS yang sama)



Nah di sini didapat perbandingan kompresinya akan menjadi 11:7:1, hmmm tinggi yah. Nilai segini idealnya meneggak Pertamax Turbo atau V-Power Produk Shell yang punya RON kira kira di angka 98, lha masalahnya produk-produk dengan RON segitu masih tergolong jarang Pom Bensin yang menyediakan, so… actualnya saat ini motor saya pakai harian masih saya “minumin” Pertamax dan ga ada masalah hehe, it’s still debatable but… yaaa gapapa lah ya



(Courtesy of Yamaha Motor Manufacturing Indonesia)

Ini untuk perencanaan saat saya mau bore up dulu, sekarang untuk Oli, selama lebih dari satu decade saya pakai Yamalube Silver SAE 20W-40 API SJ sesuai dengan yang dianjurkan oleh pabrikan. Masalahnya adalah setelah proyek bore up selesai terpasang ini tipe oli kayanya malah makin susah dicari. Beranjak dari tipe oli ini sebagai benchmark sekalian saya ganti ke tipe Gold 10W-40 API SL.


(Courtesy of Evalube) 

Tapi alih-alih saya masih pake Yamalube saya ganti ke Evalube 4T Pro karena banyak di pasaran tipe yang sama dengan harga yang lebih “kompetitif” dengan spec yang sama atau lebih. Mungkin nanti ada beberapa pertanyaan seperti kenapa musti 10W-40? Lha ini simple sebenernya coro bodho juga; jadi kan 10W-40 ini jamak digunakan di motor-motor keluaran yang lebih baru, lha paket bore up ini saya ibaratkan sebagai mesin yang baru juga dengan spec harian, maka saya pikir cukup unutk menggunakan tipe oli ini.

Nah sedikit kesimpulan intinya bagaimanapun saya masih mencoba untuk melakukan tuning dan meng-ekspresikan passion saya dengan mempertimbangkan berbagai aspek sehingga hasilnya bisa seefisien dan seefektif mungkin. Memang masih banyak kekurangan terlebih untuk pemilihan bahan bakar, karena saya belum punya mill sheet atau data sheet dari produk Pertamina dan melakukan uji pengukuran serta kompatibilitas terhadap mesin saya, pun juga untuk pemilihan olinya. Semoga di kesempatan yang mendatang saya bisa improve dan tuningnya bisa makin Oke.

Nah thank you temen-temen sekalian jika ada diskusi atau input yang membangun bisa di comment di bawah. Jangan lupa stay safe di tengah pandemi COVID-19 ini, see you


Regards

Gigih

4 comments:

  1. Tks Om Gigih untuk sharing nya... ayo yg punya Jupiter Z bisa coba tuning seperti article diatas... Good share...

    ReplyDelete
  2. Klo motor vario 125 biar larinya josss hrs di apain ya mas gigih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik yang fi/maupun karbu, fokus pertama itu ke mesin, mungkin tuning sedang kaya bore up 130/150, pasang karbu 24/28 dan upgrade injector buat yang fi, ga lupa upgrade CDI atau ECU, targetnya enteng ke angka 100~110km/h dulu karena biasanya motor standard sekelas lemot buat nyampe ke kecepatan segitu

      Delete