Search This Blog

Sunday, December 24, 2023

Project Bike: Honda CBR 150 2012, Upgrade Master Rem Depan BRT

Dec-2023, atau lebih tepatnya akhir Desember 2023. Sesuatu yang lucu terjadi di hidup saya; pada ahkirnya di akhir 2023 ini, saya dan istri terkena Covid semenjak awal pandemi di hampir 4 tahun lalu. Ya it sucks of course haha, tapi di beberapa titik saya kok lebih melihat ini kejadian lucu hehehe. So instead of giving up my time only for sleep or contemplating the condition mending kita share aja ya “DIY” updgare master rem depan BRT, let’s go!

Mungkin ada pertanyaan dari kalian begini; lho baru sebentar kan diganti selang rem braided TDR, kok udah ganti master rem depan aja? (link article; https://9-engineering.blogspot.com/2023/09/project-bike-honda-cbr-150r-2012.html) nah jadi gini guys, memang ganti selang rem itu gejala awalnya adalah rem depan yang mulai bagel feelingnya, daripada langsung ganti semua juga belum tentu tepat, mendingan saya ganti satu-satu diurutkan dari yang paling murah dulu dan yak jatuh kepada selang rem. Setelah diganti memang betul rem belakagn jadi lebih presisi feel-nya, tapi rem depan masih ada feel bagel ketika digunakan. Alhasil saya putuskan saja untuk mengganti master rem depan menggunakan produk dari BRT-Nissin.



Yap saya pakai BRT-Nissin Samurai Brake master cylinder, dengan diameter piston 13mm spek axial sama seperti yang saya gunakan di Jupiter-Z saya (https://9-engineering.blogspot.com/2022/11/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004.html) . Lho kok sama? Ga ngeblong tuh? Nah jadi gini…. Karena motor saya masih standard 150cc, caliper standard; 2 piston, cakram standard dan penggunaan bukan buat balap saya perhitungkan spek 13mm dan axial akan masih sangat cukup menahan laju motor untuk pengereman depan, beda halnya jika akan saya aplikasikan ke motor 250cc, kemungkinan besar saya akan mencari spek diameter piston masternya 14mm.


Langkah pertama yang dilakukan tentu saja untuk menguras minyak rem lama yang terdapat pada sistem pengereman depan, caranya bisa juga dilihat di link; https://9-engineering.blogspot.com/2023/09/project-bike-honda-cbr-150r-2012.html ,lalu dilanjutkan dengan melepas baut pengikat master rem ke setang depan dan baut banjo selang rem depan.

Setelah master rem yang lama dilepas, tentu saja selanjutnya kita pasang dan layouting master rem yang baru dengan catatan pemasangan ring seperti ditunjukkan pada gambar di atas untuk mencegah kebocoran atau rembesan minyak rem.

Setelah layouting selesai dan baut pengikat sudah kencang (baik untuk yang ke setang dan ke selang rem) selanjutnya kita perlu melakukan bleeding minyak rem ke sistem pengereman depan dengan menggunakan minyak rem yang baru, secara general cara untuk melakukan bleeding master rem depan itu sama maka dapat di lihat di artikel di link berikut; https://9-engineering.blogspot.com/2022/11/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004_12.html .Di master rem BRT cara pengisian minyak rem nya adalah dengan melepas baut penguncinya terlebih dahulu lalu memutar ke kiri penutup reservoir tank-nya sampai terbuka. Lalu isi minyak rem sampai paling minim ke batas lower dan maksimum ke batas upper seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Selalu hati-hati dalam handling minyak rem, jangan sampai ada yang tumpah atau mengenai permukaan yang dicat karena minyak rem bersifat korosif, cepat-cepat bilas dengan air biasa dan sedikit sabun bila terjadi.

Yak seperti inilah hasilnya kira-kira bila sudah terpasang pada motor CBR 150 saya. Cukup mendongkrak tampilan kokpit depan dan performa pengereman depan pun juga jauh meningkat dengan karakter lebih pakem dan presisi. Piston diameter 13mm tidak memberikan respon yang terlalu berlebihan pada sistem pengereman sehingga tidak perlu khawatir ketika panic braking roda depan menjadi mudah terkunci karena tekanan dari master rem yang meningkat.

Yak seperti itu dulu ya guys pembahasan kali ini, please keep safety and healthy karena memang di berita akhir-akhir ini Covid-19 sedang meningkat, juga kita doakan kalian semua selalu sehat lancar sehingga libur akhir taun ini dapat dinikmati. Again thank You guys, Merry Christmas and Happy New Year!


Regards,

Gigih





No comments:

Post a Comment