Yak! Kita lanjut dari part-1 (https://9-engineering.blogspot.com/2022/11/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004.html) saatnya kita melakukan penggantian, setting, bleeding dan impresi berkendaranya.
Tentu saja setelah dilepas body depan atas dan headlampnya, akan langsung terlihat master rem dan selang remnya.
Untuk melepas master rem kita buka baut L seperti yang ditunjukkan pada nomor 1 dan 2 pada gambar di atas.
Oh iya tidak lupa kita melepas baut banjo atas yang ke selang rem. Simpan baut dan ring-nya jangan sampai hilang ya.
Setelah itu kita lepas routing selang rem dengan melepas baut nomor 3 dan 4 seperti pada gambar di atas. Baut dan clip juga disimpan ya, jangan sampai hilang.
Selanjutnya kita pasang master rem BRT-nya dan selang rem braided TDR.
Untuk layout selang rem kira-kira untuk instalasi saya seperti pada gambar di atas. Tidak lupa kita memasang clip selang yang kita lepas tadi.
Nah yang perlu diperhatikan dalam pemasangan baut banjo adalah posisi atau penempatan ring kuninganya. Posisinya harus sebelum dan sesudah kepala banjo seperti pada gambar di atas. Bila salah satu sisi tidak diberi ring maka kebocoran minyak rem dapat terjadi dan juga membuat tekanan rem berkurang karena adanya kebocoran di saluran, ini tidak safety ya teman-teman.
Lalu lakukan pengisian minyak rem dan bleeding sistem pengereman depan, caranya dapat dilihat di link artikel: https://9-engineering.blogspot.com/2020/10/ganti-kampas-rem-yamaha-jupiter-z-2004.html . Yang membedakan sedikit hanyalah cara melepas tutup reservoirnya untuk mengisi minyak rem, caranya dapat dilihat pada gambar di atas.
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment