Hallo guys, gimana kabarnya? Semoga semuanya sehat dan penuh berkah ya. Oke! Kira-kira artikel ini ditulis di bulan November 2022 akhir sembari menunggu datangnya Natal dan tahun baru yuk kita melakukan beberapa maintenance atau perawatan terhadap motor kita.
Kawasaki Ninja Fi buatan tahun 2016, mungkin masih tergolong muda ya tapi karena intens-nya pemakaian dan lebih besarnya tenaga motor dan bobot dibandingkan dengan cc motor di Indonesia kebanyakan, membuat kinerja pengereman menjadi lebih berat.
Untuk pengereman depan, saya mengukur ketebalan carkamnya sudah di angka 3.5mm, sementara standar ketebalan cakram minimum yang tertera adalah 4mm, saya lihat kampas rem depanya juga sudah habis, jadi yuk sekalian saja kita ganti kedua komponen ini.
Pertama kita ganti cakramnya terlebih dahulu yang kita mulai dengan melepas roda depan serta sebaiknya juga melepas caliper dan menggantungnya dengan posisi seperti pada gambar di atas. Untuk cara melepas roda depan dapat di lihat pada link artikel di samping; https://9-engineering.blogspot.com/2022/09/ganti-ban-kawasaki-ninja-250fi-se-2016.html
Setelah roda depan terlepas, kita melepas cakram depanya dengan cara melepas 5 baut pengikatnya dengan cara menyilang seperti ditunjukkan pada gambar di atas.
Untuk cakramnya sendiri ini saya mengambil dari par original Kawasaki. Rupanya ini part import dari Thailand guys, harganya kalau tidak salah sekitar 1.2jt Rupiah. Part nomor-nya adalah; 41080-0578-11H
Dan tentu saja banyak perbedaan yang dapat terlihat antara part yang lama dengan part yang baru. Paling mencolok adalah part lama tentu saja area kontak dengan kampas sudah terlihat beralur aus dan cekung, berbeda dengan part yang baru yang masih flat dan tebal.
Nah
tinggal pasang ke velg-nya kembali dan kencangkan baut dengan urutan menyilang
seperti saat melepas tadi.
Agar menjadi afdol, sebaiknya kampas rem juga diganti. Selain sudah aus, kampas rem lama telah memiliki alur dari permukaan cakram yang lama, ini akan berakibat proses fit-in atau penyesuaian permukaan kampas rem yang lama ke permukaan cakram yang baru membutuhkan waktu dan beresiko kurangnya kinerja rem depan, kan bahaya guys. Untuk kampas rem depan sendiri, kembali saya menggunakan part original dari Kawasaki dengan part no. 43082-1128
Nah seperti ditunjukkan pada gambar di atas; tentu saja perbedaan antara kampas lama dan baru sangat mencolok, part lama yang saya pakai daging kampasnya sudah termakan dan groove atau coakan pada kampas juga hampir habis berkebalikan dengan yang baru.
Untuk mengganti kampas rem secara general caranya mirip dengan artikel di link berikut; https://9-engineering.blogspot.com/2020/11/ganti-kampas-rem-depan-honda-cbr-150r.html perbedaanya hanya sedikit, seperti ditunjukkan pada gambar di atas konstruksi caliper rem depan Honda CBR 150 Fi 2012 sebagai benchmark penggantian kampas rem kali ini tidak jauh berbeda dengan Kawasaki Ninja 250 Fi SE 2016. Perbedaan konstruksi caliper hanya terletak pada mekanisme baut pengikat kampas rem. Setelah diganti kampasnya lalu rakit kembali semua part dengan langkah kebalikan saat melepas tadi dan pastikan semua baut telah dipasang dengan benar dan kencang, setelah itu tidak lupa rem depan dilakukan bleeding ya guys agar tekanan minyak rem dipastikan siap.
Nah kira-kira seperti itu guys langkah-langkah untuk mengganti cakram berikut kampas rem depan dari Kawasaki Ninja 250 Fi SE 2016. Thank you banget semuanya yang sudah mampir semoga ini menjadi bermanfaat buat rekan-rekan semuanya, see you next time!
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment