Search This Blog

Saturday, January 29, 2022

Ganti Set CVT Honda Beat Fi 2013 (Part-2)

So guys…. It is 2022! Merry Christmas and Happy New Year! Semoga di tahun ini berkah baik Tuhan selalu bersama kita semua dan semoga masalah pandemi ini cepat berakhir di Negara Indonesia dan dunia, Amin. Ngomong-ngomong tentang tahun baru…. Masih ada topic yang ketinggalan nih guys, tidak lain dan tidak bukan untuk melanjutkan part-2 dari ganti jeroan CVT yang part-1 nya bisa dibaca di link ini; https://9-engineering.blogspot.com/2021/12/ganti-set-cvt-honda-beat-fi-2013-part-1.html Yuk langsung kita gas ke part-2;

Waktu itu kita sampai pada pembongkaran pulley dan melepas kampas kopling ganda-nya. Spare part untuk kampas kopling ganda ini juga sudah di dapat dengan part no. 22535-KZL-A00.


Spare part baru akan mendapatkan 3 pcs kampas tanpa dengan per-nya, per dan komponen yang lain dapat menggunakan yang lama.


Sangat terlihat perbedaan kampas yang baru dengan yang lama. Kampas yang lama pastinya terlihat lebih kotor dengan ketebalan kampas yang sudah menipis dibandingkan dengan yang baru, memang kampas masih bisa digunakan, ini saya ganti di kilometer kurang lebih 35.000 dengan anjuran pabrikan ganti setiap 25.000km, namun hal ini dilakukan sebagai preventive maintenance atau perawatan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti tarikan awal “gredek” atau backing plate kampas menyentuh permukaan dari flywheel atau mangkok kampas ganda-nya.


Tentunya untuk memasang kita lakukan langkah kebalikan dari saat melepas. Grease dapat diberikan sedikit ke as dudukanya sebelum dipasang untuk mengurangi friksi kampas terhadap as housing-nya saat beroperasi nanti.

  

Selanjutnya kita bersihkan dan beri pelumas baru ke drive pulley-nya yang tersambung pada kopling ganda. Pertama tarik keluar 3pcs pin roller cam-nya, dapat dilakukan dengan menggunakan tang lancip. Setelah pin roller dilepas maka pisahkan piringan dengan menariknya berlawanan arah.


Setelah dibersihkan dari sisa-sisa pelumas atau grease yang lama beri grease yang baru secukupnya di permukaan sliding plat pulleynya. Secukupnya aja ya guys agar meminimalisir grease terlempar ke permukaan pulley yang bisa mengakibatkan selip.


Lalu pasang kembali kedua plate pulley-nya dan roller pin cam. Tidak lupa beri grease pada slot tersebut agar pergerakan roller pin tidak seret. Dan bersihkan sisa grease yang berlebihan pada pulley ini.


Lalu rakit kembali dengan kopling ganda-nya.


Kembali kita ke sektor pulley depan; sekarang kita ganti roller di pulley depan. Lepas cover dan karet dampernya serta keluarkan rollernya. Lalu bersihkan semua komponenya.


Di sini terlihat perbedaan roller baru dengan yang lama, saya tidak mengukur beratnya karena belum punya timbanganya juga hehe. Nah, kalau yang baru jelas masih bersih, tidak peyang atau masih bulat sempurna. Sedangkan yang lama sudah lebih kotor dan tidak bulat sempurna alias peyang, pemakaian roller peyang akan mengakibatkan akselarasi kurang responsive karena gelincir dari roller menjadi kurang sempurna.


Lalu pasang roller yang baru ke mangkoknya, eits tapi jangan buru-buru dulu, ada catatan yang harus diperhatikan saat memasang roller yang baru ke mangkoknya.

So guys, thank you banget buat yang udah stay tune terus dan kita akan lanjut lagi di part-3 (https://9-engineering.blogspot.com/2022/02/ganti-set-cvt-honda-beat-fi-2013-part-3.html) di mana kita akan bahas catatan penting pemasangan roller ke mangkok dan finishing pekerjaan. Stay safe, stay healthy dan terus terapkan protocol kesehatan, see you!

Regards,

 

Gigih

    


No comments:

Post a Comment