Dipenghujung tahun 2020 lalu saya membeli CDI BRT I-max 24 step yang akan saya pasang di Yamaha Jupiter-Z 2004 saya dengan spesifikasi mesin bore up harian. Nah sebelum melakukan pemasangan saya juga melakukan beberapa perhitungan pendekatan yang bisa dicek di link; https://9-engineering.blogspot.com/2020/12/project-bike-jupiter-z-2004-brt-i-max.html . Nah, sekarang saatnya untuk memasang CDI-nya dan melakukan pemrograman.
Yap memang agaknya memakai CDI secanggih BRT I-Max pada motor spek harian saya https://9-engineering.blogspot.com/2020/05/project-bike-yamaha-jupiter-z-2004-saat.html dirasa cukup berlebihan, tapi seperti yang pernah saya cerita di part-1 lalu karena incaran saya; BRT Smart Click tidak saya temukan di beberapa toko/speed shop langganan haha.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSCSdXbSkgpJSG0RTlzBXrMIefiJhrvUet_EJDHt4OiNLhWgdnuXIKHrxWEnGbwcWd-eX2548O9D3o2nlF1mGODeNvp2BfavwPnEl-FVPtlakScPB_8W6gP5J1OwcJMatgCjPOBHFoIhE/w249-h400/1.jpg)
Yuk langsung aja kita eksekusi; pertama, karena saya pakai “penjepit angsang” di dek tengah maka kita lepas dulu dengan membuka baut no.1 dan 2 (baut no.2 ada di kiri dan kanan) seperti pada gambar di atas. Lepas angsang lalu lepas baut no.3 dan cover dek tengah bisa dilepas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbAiJRgFGnLWB6DsGsooE5uaGXeG0iZYXunQwYIRs0-M4WcT4J-RCeClC7twRqtY638l0MSr2JAp_ElzZ-10O-cJ0fx1xXYV6wp5nrQ7muDI7M_O9idWJVp0gyu38-3uHKqP9naBNHvIU/w400-h269/2.jpg)
Kita ke depan sebentar, sedikit di bawah plat nomor kita lepas bautnya yang semestinya di sini ada di posisi di lingkaran merah seperti pada gambar di atas. Sorry guys itu saya sudah pakai cable ties karena mur nya sudah lepas hehe.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEix-4XX31jQrIbvDMSz4PDvrFLhppCseRwpJVaQMOe0pOIaECk-7bpex8cPV0VqvAMoogt6AVChKak_3QiYSaIKpEb6fNVIZPKSL-4GYcDsWO4YbVo-zq4vFnQGwHICNZpj4nboegxEi_8/w268-h400/3.jpg)
Nah kita kembali lagi di dek tengah, kita lepas baut no.4, 5 dan 6 untuk melepas body samping bagian depan atau yang biasa orang sebut “sayap”. Lakukan langkah ini di kedua sisi, kanan dan kiri.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhKVegwNgIkEf1oZ15ipYCPTSH_Ir2oGtUvRMUN1ibiUNRkFLOYxWSXLrFhhZRzawxAavje9Jp3t9lWaSg8X0clK8zdcwZqSZh8lyqfvaQMXGkaAI-SI8YjQOyPLfJcVW92gF950rg_8eo/w400-h263/4.jpg)
Next, kita ke bagian tengah-bawah untuk melepas baut no.7 dan membuka cover body samping-bawah, ini juga dilakukan di sisi kanan dan kiri.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjSpn8w177D3w_eGxTrnW_o4KwX2ew1Jukiz18NEknVO0pjFjuJSoZUHso6hK53cZuI_l8tiKNXlzXfrm3Biozml79zmlCNlRGa9EH-ojRMpOAZN3HDtu0MEn9v804xMPEVCm-TmS4dgRI/w400-h264/5.jpg)
Lanjut angkat jok dan kendurkan baut no.8, ini dilakukan juga pada sisi kanan dan kiri lalu buka cover body di bawah jok.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhieqjYa_UNoCAbZUQliwwSwKU-ujENjbrgJRh68vzdjSpS3i8_4dcSiESOnxvwzb0pU-oFWkPpWAMx2QC2e6Rz95y0qWk5aC0u4tIgXXP_CRTdX1vjFF_dZ2Zv-7tYpJMkKDVYfsCPuCw/w400-h261/6.jpg)
Lalu lepas baut no. 9 hingga 14 dan angkat kompartemen bagasi, btw sorry yah agak di sensor karena barang belom rapih hehe.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhE_vchb8ZxDu2lSRGYyc7SqzmAK_FsH03LhtriMR9hprlRitX-OT9SSGRthmtLRT2E1SRxhZXGNB5R0RPQDQHW5hMZaTxFtW88fM5rS0xnaZgwcnAWI7kpY4-DvsCU3UwbIzzlG9F-gBQ/w400-h266/7.jpg)
Lalu dengan hati-hati geser keluar ke arah belakang motor cover atas lampu belakangnya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi8hyoZ1Bi6fXQtJwZeThhk4oPjlIOm9ToSM8MvgdCFuxDsOO4ajhl_E3oHPTkJ9RQsEO000uAGkHNBzsVBXWCmblw3iHlijwsuaojI7OR6ZT2r8h1lQDXB-0ONl-vzSaxYxz5vDk2MZTg/w400-h264/8.jpg)
Beranjak ke belakang di bagian bawah dekat spakbor belakang ada baut no.15 untuk membuka cover body samping belakang, lakukan hal ini untuk kanan dan kiri.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_0nZWF62CCEqMudR04gU0D9_FXQo1lIdb_sZMaDZ4QnNkXOj-nWZIWzFD-pXl-3qFJSbKEyeAEkggDlCvBdTtpc2rt73RWZy7nxCdac_JTj6RD0HUpaJR2ckrVjXtwurEHh6W-vewn4M/w400-h265/9.jpg)
Setelah body terlepas sekalian saya melakukan penggantian lampu belakang, sudah uzur sampai-sampai saya menggunakan cable ties untuk menutup lensa luarnya haha. Penyakit lamp assy yang sudah tua adalah boros bohlam, hal ini biasanya disebabkan oleh sudah tidak rapatnya lampu sehigga udara luar mengkontaminasi bohlam yang bisa menyebabkan bohlam tidak awet dan solder atau timah pada fitting bohlam yang biasanya sudah aus yang menyebabkan kurang stabilnya arus listrik yang masuk ke bohlam, btw usia lamp assy (non bohlam) ini adalah 15 tahun.
Untuk lampu sendiri sudah saya siapkan tentunya baru dan original Yamaha dengan part no. 5TP-H4710-00.
Dan yup brand new tanpa cable ties tentunya haha, rapat dan di dalam sudah ada bohlam stop lamp, turn lamp atau sein.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh3tFl96RR3onqWwq2YYtdRkSQ0sPcga9IW1IQD0NB0jRbClykuE_vjckO8UgFHly7zXkXdNi_pSwiysq7o3kGN2QcUVCFKpnbUD64A3q9ELFLjiqbf8gD9QWcXt7HkQ8coJVptG0dIr0I/w400-h146/12.jpg)
Yang perlu dicermati di sini adalah karet datum atau dudukan belum disertakan, ini bukan cacat produksi ya guys tapi memang seperti ini jika membeli lamp assy baru. Jadi langkah selanjutnya adalah memindahkan karet datum terlebih dahulu ke lampu yang baru.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjxDZ4_1Dx2gGq2VGYntrsOApe28Tcm0XZai2Bppx5cAicEFr1r1-V0Gy-Ow5zDVbdHcyIUshJZj4ZEduOE9jO5o_hZ5OeYh8hDTQoVyilVYeTl7ri3j3y7pXDfx6n6OXrjNbMdcseogg0/w400-h265/13.jpg)
Lepas socket lampu belakang yang lama dan langsung angkat saja lampu belakangnya dan voila! Langsung terlepas sodara-sodara!
Nah ilustrasi pemindahanya kira-kira seperti itu, lakukan dengan teliti dan hati-hati agar posisi karet datum terpasang dengan baik, tidak sobek, tertekuk dan untuk baut karet datum juga kencang, tidak miring serta merusak lampu baru (crack). Setelah itu pasang kembali lampu belakang yang baru ke chassis-nya tak lupa memasang terlebih dahulu socket lampu-nya.
Next step kita akan membahas pemasangan dan input mapping CDI I-Max di part-3. Stay tuned guys, keep health protocol and thank you for coming.
Best Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment