Buat
saya memakai kendaraan dengan kondisi yang proper,
yang selalu ter-maintenance menjadi
kepuasan tersendiri. Justru menjadi lebih menarik ketika itu adalah motor
keluaran lama. Tidak mudah memang untuk melakukan perawatan motor yang makin
berumur. But once it done, bikin
nagih guys!
Kondisi
prima pada motor menambah rasa aman kita untuk memakainya dalam hampir berbagai
kondisi; entah itu dipakai harian atau touring, jarak jauh ataupun dekat, motor
baru ataupun lama, kondisi prima merupakan elemen terpenting bagi para pecinta
otomotif. Nah, dulu saya pernah juga mengulas service a la rumahan Honda Beat
Fi 2013 yang bisa diakses artikel-nya pada link berikut;
Part-1:
https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html
Part-2:
https://9-engineering.blogspot.com/2021/08/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html
Oke
kita langsung aja untuk melepas cover di bawah jok depan dengan cara melepas
dua baut plus yang terlihat setelah jok dibuka seperti pada gambar di atas.
Sedikit
ke depan bagian bawah jok kita lepas juga untuk dua baut yang posisinya
ditujukkan pada nomor 3 dan 4 pada gambar di atas.
Setelah
itu kita lepas cover dengan menariknya secara hati-hati ke arah depan.
Setelah
handle belakang terlepas kita juga lepas cover tangki dengan cara melepas clip
yang ditunjukkan pada no. 13 dan baut no. 11 dan 12 pada gambar di atas.
Sebelum
melepas body belakang kita lepas dulu baut no. 14 dan clip no. 15 dan lakukan
ini pada sisi kiri dan kanan.
Setelah
itu tarik body keluar (ke arah belakang), ini sudah termasuk lampu belakang ya
guys, lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang patah.
Untuk
melepas jok dan bagasi kita lepas terlebih dahulu baut nomor 16 ~ 18 seperti
yang ditunjukkan pada gambar di atas.
Setelah
jok terlepas kita dapat mengakses throttle
body dan mesin, tapi terlebih dahulu kita lepas kabel gas dengan melepas
mur yang ditunjukkan pada no. 19 dan 20 pada gambar di atas.
Sebelum
kita melepas throttle body dan intake manifold kita lepas terlebih
dahulu kabel-kabel dan terminal yang ditunjukkan pada no. 21 ~ 23 pada gambar
di atas. Setelah itu kita cabut injector
dengan cara melepas baut no. 24 ~ 26 pada gambar di atas. Lepas selang filter
dan sisa dua baut pengikat manifold
ke mesin dan manifold beserta throttle body-nya terlepas.
Setelah
itu kita lepas businya dan lepas cover head
cylinder dengan melepas baut yang ditunjukkan pada no. 28 dan 28 pada
gambar di atas, tidak lupa lepas selang hawa agar memudahkan melepas cover-nya.
Nah
seperti pada yang pernah saya lakukan di Honda Beat Fi generasi tahun 2013
(link; https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html)
posisi free pada klep dapat dilakukan dengan menggoyangkan rocker arm ke kiri dan kanan (arah seperti ditunjukkan pada gambar
di atas). Lakukan ini pada klep hisap dan buang, bila kedua klep dapat digoyangkan
artinya posisi free atau bebas
menekan klep sudah terpenuhi dan inilah posisi top kompresi pada mesin.
Setelahnya kita lakukan penyetelan celah klep, saya menggunakan besaran 0.10mm
untuk klep in dan 0.12 untuk ex.
Setelah
selesai kita rakit kembali komponen mesin dan body dengan urutan kebalikan dari
saat melepas tadi, lakukan secara cermat agar tidak ada salah posisi terutama
pemasangan baut.
Terima
kasih semuanya yang sudah mampir, semoga ini bisa bermanfaat yah. See You next
time, ciao!
No comments:
Post a Comment