Search This Blog

Saturday, June 1, 2024

Servis Mesin Honda Beat Fi 2017 a la Rumahan

Buat saya memakai kendaraan dengan kondisi yang proper, yang selalu ter-maintenance menjadi kepuasan tersendiri. Justru menjadi lebih menarik ketika itu adalah motor keluaran lama. Tidak mudah memang untuk melakukan perawatan motor yang makin berumur. But once it done, bikin nagih guys!

Kondisi prima pada motor menambah rasa aman kita untuk memakainya dalam hampir berbagai kondisi; entah itu dipakai harian atau touring, jarak jauh ataupun dekat, motor baru ataupun lama, kondisi prima merupakan elemen terpenting bagi para pecinta otomotif. Nah, dulu saya pernah juga mengulas service a la rumahan Honda Beat Fi 2013 yang bisa diakses artikel-nya pada link berikut;

Part-1: https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html

Part-2: https://9-engineering.blogspot.com/2021/08/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html


Oke kita langsung aja untuk melepas cover di bawah jok depan dengan cara melepas dua baut plus yang terlihat setelah jok dibuka seperti pada gambar di atas.


Sedikit ke depan bagian bawah jok kita lepas juga untuk dua baut yang posisinya ditujukkan pada nomor 3 dan 4 pada gambar di atas.


Setelah itu kita lepas cover dengan menariknya secara hati-hati ke arah depan.


Setelah handle belakang terlepas kita juga lepas cover tangki dengan cara melepas clip yang ditunjukkan pada no. 13 dan baut no. 11 dan 12 pada gambar di atas.


Sebelum melepas body belakang kita lepas dulu baut no. 14 dan clip no. 15 dan lakukan ini pada sisi kiri dan kanan.


Setelah itu tarik body keluar (ke arah belakang), ini sudah termasuk lampu belakang ya guys, lakukan dengan hati-hati agar tidak ada bagian yang patah.



Untuk melepas jok dan bagasi kita lepas terlebih dahulu baut nomor 16 ~ 18 seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.


Setelah jok terlepas kita dapat mengakses throttle body dan mesin, tapi terlebih dahulu kita lepas kabel gas dengan melepas mur yang ditunjukkan pada no. 19 dan 20 pada gambar di atas.


Sebelum kita melepas throttle body dan intake manifold kita lepas terlebih dahulu kabel-kabel dan terminal yang ditunjukkan pada no. 21 ~ 23 pada gambar di atas. Setelah itu kita cabut injector dengan cara melepas baut no. 24 ~ 26 pada gambar di atas. Lepas selang filter dan sisa dua baut pengikat manifold ke mesin dan manifold beserta throttle body-nya terlepas.


Setelah itu kita lepas businya dan lepas cover head cylinder dengan melepas baut yang ditunjukkan pada no. 28 dan 28 pada gambar di atas, tidak lupa lepas selang hawa agar memudahkan melepas cover-nya.


Nah seperti pada yang pernah saya lakukan di Honda Beat Fi generasi tahun 2013 (link; https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html) posisi free pada klep dapat dilakukan dengan menggoyangkan rocker arm ke kiri dan kanan (arah seperti ditunjukkan pada gambar di atas). Lakukan ini pada klep hisap dan buang, bila kedua klep dapat digoyangkan artinya posisi free atau bebas menekan klep sudah terpenuhi dan inilah posisi top kompresi pada mesin. Setelahnya kita lakukan penyetelan celah klep, saya menggunakan besaran 0.10mm untuk klep in dan 0.12 untuk ex.


Nah ini juga mirip servis pada Honda Beat Fi 2013 (link: https://9-engineering.blogspot.com/2021/08/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html) untuk throttle body dan intake manifold selain bagian luar, prioritaskan bagian dalamnya dapat dibersihkan, sedangkan untuk injector cukup bagian yang diberi warna merah yang dibersihkan dengan injector cleaner.

Setelah selesai kita rakit kembali komponen mesin dan body dengan urutan kebalikan dari saat melepas tadi, lakukan secara cermat agar tidak ada salah posisi terutama pemasangan baut.

Terima kasih semuanya yang sudah mampir, semoga ini bisa bermanfaat yah. See You next time, ciao!


Regards,

Gigih

















No comments:

Post a Comment