Masing-masing motor memang punya tantanganya sendiri dalam perawatanya. Makin tua umur, banyaknya populasi yang berpengaruh kepada ketersediaan spare part, kondisi bawaan atau karakter motor dan status motor apakah itu import atau produksi dalam negeri.
Nah seperti yang saya alami; Honda CBR 150R 2012 masih berstatus CKD atau Completely Build Up atau dirakit lokal dengan komponen yang di-import dari Thailand. Nah hal ini sebenarnya sudah menjadi tantangan untuk para pemakai motor ini karena spare part-nya saja sudah harus import dan tentu saja populasinya tidak banyak dan harganya juga biasanya lebih tinggi. Ditambah motor ini sudah 12 tahun yang mana umurnya sudah tidak lagi tergolong baru.
Nah ini dia trigger-nya; karet pada footstep bagian kiri sudah rusak karena pemakaian, bila kondisinya masih seperti gambar di atas mungkin masih bisa dipakai, namun bila diteruskan, ke depan mungkin karet ini bisa terlepas dan mengakibatkan pijakan selip karena tidak ada bantalan karet-nya.
Mengganti footstep sebelah kiri ini cukup mudah, pertama lepas dulu pengait as persneling dengan cara melepas baut no. 1 pada gambar di atas. Setelah itu lepas baut no. 2 dan 3 untuk melepas footstep yang lama sebelah kiri.
Lalu pasang footstep BPro sebelah kiri dengan layout kira-kira seperti pada gambar di atas; adaptor yang saya desain kira-kira sudah membuat footstep lebih keluar 10mm dan mundur sekitar 2mm. Namun untuk pengait persneling dan push rod atau penekanya masih bisa mengakomodir ergonomic saya. Nah, di sini menariknya adalah BPro memberikan banyak ruang untuk melakukan setting ergonomic yang kita mau, mulai dari posisi pijakan kaki, posisi mencongkel atau menginjak persneling dan jarak main saat pemindahan gigi pun bisa disetel. Tentu ini dengan mempertimbangkan area dan jarak main dari footstep ini sendiri, hmm saya juga melihat ada beberapa area untuk di-improve dengan saya desain sendiri komponenya, tapi nanti aja ya hehe, inipun masih bisa mengakomodir kebutuhan saya.
Sedangkan untuk yang sebelah kanan ini dibutuhkan sedikit “trik”, pertama kita lepas dulu baut no. 4 dan 5 yang ditunjukkan pada gambar di atas.
Setelah itu lalu kita lepas terlebih dahulu switch rem belakangnya dengan cara seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Oh iya guys, di footstep BPro ini kita belum mendapatkan adaptor rem belakang sehingga bila tidak ditambahkan sendiri switch rem belakang tidak bisa digunakan lagi ya guys, nanti switch bisa diikat ke footstep agar tidak menggantung.
Masih kita lanjutkan untuk melepas pengait master rem belakang; pertama kita lepas clip pin master rem dan lepas pin pengait dengan tuas injakan rem belakang. Setelah itu kita lanjutkan dengan melepas pin pengait master rem dan melepaskan pengait dengan memutarnya ke kiri atau berlawan arah jarum jam.
Regards,
No comments:
Post a Comment