Yap mari kita lanjutkan servis mesin Honda Beat Fi 2013 kita #dirumahaja, part-1 bisa cek di https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html
Setelah kita merampungkan penyetelan klep dan kembali menutup cover head silinder serta memasang kembali businya, langkah selanjutnya yang akan kita lakukan adalah membersihkan throttle body (berikut intake manifold) dan injectornya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhtVDv-pId3yzNdveuOZDQL91E-il6g-2XN4PAGzavtTOFxBF0VYbsgzs5oHjmaittYxe99ww5AWQu2k7gIaE7zxuKcekBxJmEby5B22TIHI0Atu8SI_lxl1tS9F3EH0K2GPLnuT2wkvvY/w400-h263/1.jpg)
Pertama kita lepas terlebih dahulu injectornya dengan cara melepas baut fuel line yang ditunjukkan pada no.1 dan baut bracket injector yang ditujukkan pada no.2 dan 3 pada ilustrasi di atas. Lalu lepas socket trigeer injector dengan menekan dan tahan pada bagian yang ditunjukkan anak panah pada ilustrasi di atas untuk releas locking atau penguci socket dan tarik keluar socketnya. Lalu tarik bracket injector keluar, maka injector juga akan tertarik keluar bersama dengan bracketnya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiM3qFc5Q8MTQ5jfszXBvzLxZBar2TmFDYHUDLnMskECSWiwZXxeMxmquWf0le97SnxWlZ6MVj8K0T8M90I8ghOttcHLND7QGAnfkKm7MhQoHAvORWzlLX0WG4wxunqLyvMFnKhYDSAM-U/w400-h314/2.jpg)
Lalu dengan hati-hati tarik injector keluar dari bracketnya dan letakkan di tempat yang bersih dan kering.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdNZlOlhsZ1odit13_Uv5VEZinc9ZyZHf7wGyJ5R32RJgOa8UHgodh7I4pXG73UW2FIGbNG7JMswgCr1VknODTrhi8JCqOS2wz5uiGTipkfmvAZOhBekqS-9KaFe6q-F2_VKgk_os2UgY/w400-h269/3.jpg)
Selanjutnya adalah melepas throttle bodynya, sesuai pada ilustrasi di atas; 1. Lepas terlebih dahulu socket sensor pada throttle body yang cara melepasnya sama dengan melepas socket trigger injector, 2. Lepas mur pengikat intake manifold bracket, lalu lepas manifold bracketnya, 3. Kendurkan mur pengunci kabel gas dan lepas kabel dengan membebaskan ujungnya dari pengungkit throttle body. Lalu lepas throttle body unit dengan tidak lupa mengendurkan klem selang ke filter udara dan melepasnya sembari menarik throttle body beserta manifoldnya.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOcTID-CpWbETyT-iIkz2WhFbC8KOYhKc7PYbis7JpuRPZru0eNcKmQqxmHSsOOoTfNvnidbrsgOr6qfiVA6dfKVZtf5W-C06jHUtWzHawO9rwOYOnWNuAkpJeIYbvT3TLEprN0mxyRoQ/w400-h136/4.jpg)
Siapkan cairan cleaning khusus injector seperti injector cleaner atau carb cleaner. Semprotkan pada bagian yang ditunjukkan pada ilustrasi di atas dan lap menggunakan lap bersih hingga kering.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj7Ff8uNvtXCaWvVr8AtM3a4YvKTja0YxxXEz_QCZPtgfKw4HuJMsiz8xFypiD_S21RamJYrqkEJxqk1lXCleNowe8XwM1OXR1m0e1Z2P0IyLf73CF1A4dRto29PEAapqFitZpAr0KAhAA/w400-h270/5.jpg)
Lalu bersihkan sisi luar throttle body dan intake manifoldnya, dapat menggunakan sikat kawat seperti ilustrasi di atas. Throttle body dan manifold tidak perlu dipisah untuk memudahkan pekerjaan dilakukan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhq83dXHfS23eQHyG2cNNt_eNRz_DbFzZqu-1pNLiF9iQfrVSOCjNhly3Dx_fnd3OaFJIFbW9eQR7exEiKbb3kr648CL9HobstyZKtJEaeZOlHaRAe6cv1HUKXNWxX9eJV4wsdBw1vrALU/w400-h195/6.jpg)
Pada throttle body dan intake manifold, bersihkan area throttle valve atau yang biasa disebut dengan katup kupu-kupu dan juga saluran intake manifoldnya berikut dengan lubang injectornya, semprot dengan injector cleaner atau carburetor cleaner dan keringkan. Bersihkan sebisa mungkin hinga terhindar dari kerak hitam dan karbon.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhihG0SJZ7-hu1NxiUQKa-BCvCKWqf-ky68LhU1X6wv9xCm4GA7dFzt2naFhk4WIEJFI5Ut2KNkrpOe_UihL0pFkvfsi0qw9Ck1yj8Q-IPymaLoCtDdsF9DiNxx5YflCEKcHb3_DAzxr0A/w400-h264/7.jpg)
Lalu pasang kembali throttle body, intake manifold dan pasang kembali kabel gasnya, serta pasang kembali selang ke filter udara dengan langkah kebalikan dari saat melepas tadi. Semprot chain lube pada bagian per throttle body dan pada kawat gas yang terlihat, ini bertujuan untuk mecegah karat pada area ini terutama mencegah gas putus karena gesekan berlebih dengan komponen throttle body. Bila tidak ada chain lube atau WD-40 maka dapat menggunakan oli namun jangan sampai berlebihan. Usahakan untuk melakukan pelumasan ini minimum setiap kehujanan atau setelah dicuci. Selanjutnya pasang kembali injector dan body-nya dengan langkah kebalikan pada saat melepas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiOIi-JxidZZfUDxLHhwXM-e6wrJi-4P_3qGY48XrVRc3HbtbPX-dvYX1e6mdkO_ZXxGjpcjqwlEm_TePf6ye_8qDuzy2PnRWT_4BYgnUEAmHHD0YMiUr8F066xwr2YwDXIDjF3zw3z3MY/w400-h168/8.jpg)
Langkah selanjutnya adalah mengecek level oli dengan cara; lepas dipstick oil-nya dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam, keringkan pada bagian level oil checknya lalu celupkan lagi dengan catatan motor dalam posisi tegak. Lepas kembali dipstick-nya dan lihat apakah oli berada di max atau kurang. Bila oli berada pada level max maka tidak perlu ditambahkan, tambahkan oli bila kurang dari max, bila oli berada pada level min dan dengan catatan belum mencapai 2000km setelah penggantian oli terakhir, bisa jadi motor mengalami kebocoran oli serius, pada indikasi ini sebaiknya rekan-rekan melakukan pengecekan lebih lanjut kondisi packing dan mesin. Untuk pengecekan level oli sebaiknya lakukan pada rentan 1000km sekali dan mengganti oli setiap 2000km sekali.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvQLDBQnMx3JQK3deeoNSGLLUX8oeAmHh5lXTjMjifrX6f_CKQ_5IMUBzjpO8dyO_aAbJnyLu7eSJbCif_z_fkvegKXo7Ow3awjhVMylJvuz1r-iQOEmxBRakhrBYtItW7mKqYT3Oew-I/w400-h255/9.jpg)
Selanjutnya adalah mengecek kondisi aki, pertama-tama adalah dengan melepas baut cover aki yang berada pada dek depan lalu lepas covernya dengan cara sedikit mencongkel pada bagian yang ditunjukkan pada ilustrasi di atas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjLiHwJTkBkKXZyPhgbIBWEOl5HH5LYfbKnTLR2ioYxYY9O7eYiCqJGp_yDyaRSTQ3oC_-5drRkdc4oEYa-yLO_zPo5C8QRccd2S-87iGdGQ5jCd0ja-Vu-7m3vnCVXARlkxXC0jlL8zzs/w400-h235/10.jpg)
Lalu kita melepas terlebih dahulu inner cover aki dengan cara melepas kedua bautnya dan menarik inner covernya ke arah atas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjIOQSplofQsP_KLDB_d-_DBzqrcacQCQhmsBAsJH8_IvimWw1qLlCNcR54dMSdY_GUGeWAlHY6yig9wKlW3pf2OeB0PpxFiO1g4a2xAngU-8h2-o7KwgHg4Nb93de-lZWHaeqOxOg-AE8/w400-h259/11.jpg)
Setelah itu aki akan terlihat, cek aki dengan cara seperti pada artikel; https://9-engineering.blogspot.com/2020/08/annual-service-honda-cbr-150-fi-2012-la_15.html aki sudah di cek maka kembalikan aki dengan langkah kebalikan dari ketika melepas. Dengan ini selesailah pekerjaan servis mesin Honda Beat Fi 2013 a la rumahan.
Thank you guys bagi yang udah mampir, jangan lupa untuk share dan comment bila ada sesuatu yang perlu didiskusikan atau ada usulan. Keep healthy protocol dan stay safe.
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment