Apa aja sih yang kadang bikin kita panik saat memakai motor bebek atau matic…? Salah satunya biasanya adalah pengunci jok macet, entah saat jok tidak mau ditutup atau tidak bisa dibuka, wah apalagi pas kebagian yang tidak bisa dibuka yak an... Ketika mau isi bensin contohnya, wah nggak banget kan jok malah tidak bisa dibuka. Nah kali ini kita akan bahas mengenai hal itu untuk motor Yamaha Jupiter-Z 2004.
Sepulang bekerja saya mendapati pengunci jok motor saya macet setelah saya buka untuk pengecekan satpam di gerbang depan. Masih untung akibat yang ditimbulkan adalah jok saya tidak bisa dikunci, paling tidak jok saya masih bisa dibuka-tutup walaupun tidak bisa dikunci.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh6BR2_cCWmTT7HlLkkAawhDF7hgnDQ-v0M6nLB3uR5O5bjcGoy0-d00W0IsAGWCLaoEwrVBENDdxz6FIzNMoKV7ytHWoufB0B7o0qWJrNql-nWT8xT3fkoMKfuJe0rmnCX8_FpXJYZwnI/w400-h256/1.jpg)
Usut punya usut, setelah saya cek ternyata pengunci/locking joknya sudah dol, sudah tidak bisa bekerja lagi dengan memutar kunci kontak di jok belakang dan bahkan bisa dicongkel-congkel dengan tangan.
Langsung cuss ke Yamaha DDS Cempaka Putih…. Yes, sejauh itu karena ini part selain tergolong (sangat) slow moving juga mulai langka karena Jupiter ini model 17 tahun yang lalu. Part no. 5LM-4780-00 untungnya di DDS Cempaka Putih ada hehe.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ6izWeISCJjC74S9VtlqIltJs5uLWOUgU8hdt61nEytlIbIVw9-zq1QrBFxAve1FW_mnlzVy_gXzwFVxVV9VSs4HBbG9_fRFEYW9DKRJf4FP1Q_ASSLxCRje0eADnFzTZWnVObG0bfx4/w400-h263/3.jpg)
Lanjut kita lepas dulu lockingnya yang lama; pertama-tama lepas dulu kompartemen bagasi yang caranya bisa dilihat di sini; https://9-engineering.blogspot.com/2021/01/project-bike-jupiter-z-2004-part-2.html , setelah kompartemen bagasi belakang terlepas maka lepas baut pengikatnya yang ditunjukkan pada no. 1 dan 2 pada gambar di atas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg1CQN_rMXs14sFV6tKL0ncveCEY1Ija2hZ5bwkcOZQPsjXTkh4sZWhXZV_2lQLkDMPztKw-K2G6QdVxWvkKtt2yhkeVqrXOtxM53qfQUFiepONUAOR_0G6oRecSpNlkCENNQm1qpuH_cw/w400-h274/4.jpg)
Setelah baut pengikat locking jok belakangnya terlepas dari rangka, tarik keluar dengan hati-hati. Setelah unit lockingnya telah ditarik keluar, selanjutnya adalah melepas kunci kontak dari lockingnya dengan cara melepas baut no.3 seperti pada ilustrasi di atas.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh2iSystnLe8QHAnk0DMGlzvEOVfLaOAp0PFGgf_YVjmnY073T3NIg1FYL9M-rJRrwG02apsEzUnNvBQr-BrOhmd0bh4YNZsPbFMe6Dp0ZEJdgStejn1FeCU4PJBJusxS5xHrubnhziHHI/w400-h165/5.jpg)
Nah
ini sumber masalahnya nih; kita lihat di part lama, return spring-nya sudah
tidak ada. Hmm… wajar saja jika sudah tidak bisa lagi berfungsi untuk mengunci
jok. Kita lihat pada part baru yang tentu saja springnya masih ada, tapi kita
lihat dan cek dulu.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEja6za_ivTDKjr-nhe6FwjlbRXzMiYsU_3ehZvrV1emDYzSgXoK96rm_BiTKEpoOVhYtXbeL1ILZEhyoeks5Iw9BiLKKUBd-6n8mpsvGxliFJFArEjUiudQVm8cDF2WfT81vlilLYZBjD0/w400-h300/6.jpg)
Nah sejenak kita masuk kepada mekanisme pengunci jok pada motor Jupiter-Z 2004 ini; pertama adalah pergerakan dari pengait (a), well kita sebut saja begitu karena saya juga tidak tahu pasti ini partnya secara pabrikan namanya apa hehe. Nah, pengait (a) ini bergerak naik turun seperti pada ilustrasi di atas, yang gerakanya akan di-trigger atau dipicu oleh gerakan kunci kontak yang kita putar dan lepas saat membuka atau menutup jok belakang. Pengait ini juga akan kembali ke posisinya semula (ke bawah) dikarenakan adanya pegas yang menarik pengait (a) ini.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjbdRbGHSLYZSRlQv-XeArSKSgbWVtsvAzfCiU0KWSiOZ6VPJMkGyzswEHL37dym-cW9FlNfEga87wArGivMP-3pfx3ZQ7P3CPbIOjV3rsbkgZYcpHPSqdqQ0JyKMWNvYrE3bIKX5Tp-fE/w400-h280/7.jpg)
Lalu kita sebut saja dengan posisi release atau posisi di mana jok dapat dibuka dengan memutar kunci kontak pada slot kunci locking jok belakang; (i) saat kontak diputar maka pengait (a) akan terungkit ke atas dan (ii) pengait (b) juga akan tertarik sehingga (iii) pegas atau return spring akan memutar pengait (c) searah putaran jarum jam hingga (iv) pengait (c) melepas lidah pengunci atau latch pada jok belakang.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpG4eU_KU66vV5Uy6xDxMLu4poKrxp8jd7-h-Ol_ADQVHqQTrY56WZyZRNZ08e2h5idPfGdVpiz3MIImOPdbQ-TAkkvOBiV1uMmxDBpvtn7OnmKiqF1wEFbZY05rA7viXEJrxiwfEFf_c/w400-h305/8.jpg)
Selanjutnya adalah mekanisme posisi lock atau mengunci; ketika jok ditekan latch jok belakang akan menekan pengait (c) ke bawah (i), lalu pengait (b) juga akan tertarik karena dihubungkan oleh return spring (ii), bersamaan dengan pergerakan pengait (c) ke bawah, pengait (b) juga akan bergerak ke atas atau berlawanan jarum jam, di sini cam di kedua pengait ini akan bertemu dan mengunci, biasanya akan ditandai dengan bunyi “klik” saat jok ditekan (iii).
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjb2-fOMWdYer2OqgNzPOf1_ZCh1TYCcB2riCvtcaEju9Zh0Ufk1eHEpjWe9OC6mXJ_lmm24T6RiKNfI7x6CEpnNMkzQ288Y_0jFr4EBPYy24NJDdY7M9fdDt-e7RJspsbdR9dc4w3oecw/w400-h156/9.jpg)
Nah pada gambar di atas akan terlihat perbedaan antara posisi release dengan posisi lock. Di sini juga akan terlihat bahwa return spring yang hilang pada part yang lama mengambil andil yang cukup esensial dalam fungsi pengunci dan release pada locking jok belakang Jupiter-Z.
Untuk mengawetkan pegas atau return spring agar tidak mudah terlepas cara pertama adalah dengan sedikit mengatupkan kedua pangkal pegas dengan menggunakan tang, lakukan dengan hati-hati agar tidak terlampau menutup atau patah. Hal ini ditujukan agar pencengraman pangkal pegas ke pengait (b) dan (c) lebih kencang.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhs_IE-GhBKdFqOzL4nyX5UnF7EdKTiG3JMJpWT-2B_E1Xm2mqlcEFb5qWW41-qYyFI6JNJCpM8yyFy2G1OSa5bCPCQijambTq4HPBYgZpa_gTmpDIhqGGzLmZ1j2e4BUjThzGSfG2RKxA/w400-h285/11.jpg)
Lalu beri grease atau gemuk secukupnya pada ujung pegas untuk memperlambat karat pada area tersebut. Tidak lupa untuk memberikan pelumas berupa oli atau chain lube atau WD-40 ke semua bagian yang bergesekan.
![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyE-LxaJbLXzAOqTlsxl1G3azDVlNUwSTPhNoF4lTtcoGoBVZpALVS2ZQdSOZzleMFZcdwrPQDkOYgYR39zhU1zv5VZ6QrmUYrGkPrCNTcGYB8WlDrCJIxtUEeHAWYhNz3f2z65JFqSn0/w400-h241/12.jpg)
Pasang kembali unit kunci kontak ke locking jok pada posisi release seperti pada ilustrasi di atas. Lalu pasang kembali locking jok belakang dan tutup kompartemen bagasi belakangnya dengan langkah kebalikan dari saat melepas tadi.
Tes kembali fungsi locking jok belakang dengan mengunci dan membukanya kembali tiga sampai empat kali, jika tidak ditemukan masalah maka pekerjaan telah selesai. Jika ditemukan masalah seperti macet atau tidak mau mengunci, lepas kembali dan pastikan mekanisme release dan lock nya seperti pada yang sudah dijelaskan di atas.
Dan terima kasih guys yang sudah mau mampir, senang bisa sharing dengan rekan-rekan semua. Dalam masa pandemi ini tetap senantiasa hati-hati dan menjaga kesehatan. See you next time….
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment