Search This Blog

Saturday, November 6, 2021

Ganti Kampas Rem Depan Honda Beat Fi 2013

 Banyak hal yang terjadi selama masa pandemic ini, memang bagi sebagian besar orang menjalani dua tahun terakhir ini dengan cara yang tidak mudah, keputusan-keputusan sulit, pengorbanan ekstra dan yang lainya tapi selalu percaya bahwa ada berkah baik itu kecil maupun besar dibalik kondisi sulit ini. Hal ini juga terjadi di saya; melihat kondisi keuangan yang menjadi lebih berat saat masa pandemic ini sudah sepantasnya sebagai anak juga turut membantu semaksimalnya untuk meringankan beban orang tua tersebut, salah satu keputusan yang saya ambil adalah “memulangkan” Honda Beat Fi istri saya ke kampung karena juga lebih efisien dipakai oleh keluarga di kampung dan “mengambil” Kawasaki Ninja 250 Fi yang selama ini dipakai oleh adik saya ikut ke perantauan.

Oke, kita akan bahas untuk si Kawasaki Ninja 250 Fi nanti, sekarang saya harus memastikan bahwa Beat ini tidak ada masalah saat dipakai keluarga nanti dan aman saat dipakai untuk pulang kampung. Beberapa hal sudah saya lakukan secara terpisah termasuk servis mesin yang dapat dilihat pada artikel; https://9-engineering.blogspot.com/2021/07/servis-mesin-honda-beat-fi-2013-la.html (ada 2 part, link di samping adalah part-1nya, part-2 bisa diakses di sana). Item selanjutnya yang akan saya benahi adalah rem depan, kebetulan nih kampasnya sudah tipis dan rasanya mending saya ganti saja sekalian.


First thing first; buka baut bracket caliper rem depanya, buka dengan kunci bintang ukuran 40 kalau ga salah.


Setelah itu buka baut pengikat kampas rem yang ditunjukkan dengan no. 3 pada gambar di atas. Setelah baut di lepas maka kampas rem dapat ditarik atau dilepas dari caliper dengan mudah.


Kita kembali sebentar ke area atas tepatnya di area stang sebelah kanan atau master rem; lepas baut pengikat tutup master rem yang ditunjukkan pada no. 4 dan 5 pada gambar di atas. Hati-hati dalam membuka kedua baut ini karena pada umumnya penutup reservoir master rem jarang dibuka sehingga menimbulkan kerak di ulirnya dan beresiko kepala bautnya slek, kalo slek harus dipukul atau diketrik guys so hati-hati yah.


Yak kembali ke caliper yang kita buka tadi; tekan piston hingga kira kira rata dengan permukaan caliper-nya. Ini bertujuan untuk memudahkan kita memasukkan kampas rem yang baru nanti ke caliper.


Untuk membersihkan komponen dan caliper-nya, pertama-tama kita harus melepas pegas reaksinya lalu tarik bracket keluar untuk melepas bracket caliper.


Bersihkan caliper dan komponenya, untuk bracket caliper; pada area as beri sedikit grease atau gemuk untuk menghindari karat. Lalu pasang kembali bracket dan pegas reaksi pada caliper-nya.


Perbandingan kampas yang lama dengan yang baru jelas terlihat; kampas yang baru masih tebal sehingga alur masih dapat terlihat jelas sedangkan yang lama sudah menipis dan memiliki alur disc brake di permukaanya. Memang ini masih bisa dipakai namun saya lakukan penggantian sekalian agar tidak beresiko saat saya bawa menempuh jarak ±140km. 

     

Setelah kampas baru dan caliper dipasang kembali dengan langkah kebalikan dari melepas tadi, sekarang saatnya kita melakukan bleeding untuk mencegah angina palsu ada pada sistem pengereman depan. Cara bleeding pada Honda Beat Fi pada dasarnya sama dengan motor lainya yang juga dapat di lihat di artikel berikut; https://9-engineering.blogspot.com/2020/10/ganti-kampas-rem-yamaha-jupiter-z-2004.html

Nah selesai pekerjaan kali ini, next saya juga akan membahas penggantian v-belt, kampas ganda dan roller pada motor ini untuk persiapan perjalanan pulang kampung nanti, so please stay tuned and see you again. Thank you guys.

Regards,

Gigih.

 

No comments:

Post a Comment