Search This Blog

Saturday, June 14, 2025

Ganti Kampas Rem Depan Honda Beat Fi ESP 2017 a la Rumahan

Konsistensi… kata yang saya renungi dan mungkin beberapa orang di luar sana juga melakukan perenungan. Mudah diucapkan tapi banyak makna di dalamnya, kata orang bijak; “tanpa komitmen kita tidak akan mulai, tanpa konsistensi kita tidak akan selesai”. Bila ditilik kembali kenapa saya konsisten di bidang ini dan menulis, karena salah satu tujuan dasar saya adalah membuat semacam “pembukuan” dari pengalaman saya di bidang otomotif ini. mungkin masih jauh dari kesan sempurna namun pernah suatu waktu pengetahuan yang menurut saya belum sempurna ini mendatangkan senyum bahagia dari seseorang yang saya pernah tolong di jalan, sederhana; hanya membuat motor tua seorang bapak petani (Honda Astrea Prima) menyala kembali dan cukup untuk mengantarkanya pulang bertemu dengan keluarga di sore hari selepas bekerja di lading. Hal kecil ini dapat membuat saya dan orang lain bahagia, apalagi bila terus diasah dan dilakukan secara konsisten.

Seperti halnya ganti kampas rem depan, hal sepele yang efeknya cukup krusial dalam menunjang kenyamanan dan keselamatan berkendara kita, salah-salah ataupun abai bisa-bisa nyawa taruhanya.


Apalagi motor ini nih; Honda Beat Fi 2017, ini motor cukup pasaran dipakai oleh masyarakat, dari sekedar keperluan ke pasar, sebagai commuter ke kantor, untuk motor dagang atau bahkan untuk touring dan balap. Saya memang pernah membahas cara mengganti kampas rem depan di generasi sebelumnya keluaran tahun 2013 (link ke artikel; https://9-engineering.blogspot.com/2021/11/ganti-kampas-rem-depan-honda-beat-fi.html) di 2021 silam, namun tidak ada salahnya kita bahas juga untuk motor Honda Beat 2017 ini.


Dibandingkan dengan yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya yaitu Honda Beat Fi 2013 generasi pertama, Beat 2017 ini sudah dilengkapi dengan teknologi Combi Brake yaitu ketika rem belakang ditekan maka rem depan juga akan ikut bekerja dengan gaya yang lebih ringan dari rem belakang, namun bila rem depan ditekan rem belakang tidak bekerja. Sistem ini bertujuan untuk mengurangi resiko motor melintir bila ada yang menekan rem belakang secara kuat dan tiba-tiba karena rem depan juga bekerja dan memberikan traksi dan perlambatan untuk roda depan.

Untuk komponen rem depan area caliper bawah dan cakram ini jawabanya adalah; sama! Hahaha. Tidak ada perbedaan cara mengganti kampas rem depan antara Honda Beat 2013 dan Honda Beat 2017. Nah mari tetap kita bahas agar sambil kroscek perbedaanya ya; pertama, tentu saja kita buka terlebih dahulu baut bracket caliper rem depan dengan menggunakan kunci bintang, baut ditunjukkan pada no. 1 dan 2 pada gambar di atas.

Untuk melepas kampas rem, lepas baut pengikat kampas rem yang ditunjukan pada no. 3 pada gambar di atas.

Untuk kampas rem sendiri Saya menggunakan original dari Honda dengan part no. 06455-KVB-T01


Perbandingan antara kampas rem baru dengan yang lama tentu terlihat jelas; selain daripada kampas baru yang pasti masih bersi, alur “got” kampas baru masih dalam dan “daging” kampas juga masih tebal, permukaan kampas baru juga tidak beralur membentuk alur permukaan cakram. Namun di sini yang perlu diperhatikan adalah kala penggantian kampas rem depan; bila ketika diintip alur “got” kampas masih ada dan dalam sekiranya motor masih bisa digunakan sehari-hari dengan jarak tempuh kira-kira total 70 ~ 80km per-hari, dengan catatan tidak melalui jalan naik dan turun curam seperti di pegunungan dan dipakai dalam kecepatan lalulintas wajar (rata-rata 40 ~ 80km/jam), bila motor akan dipakai untuk touring ataupun melewati jalanan pengunungan, sebaiknya penggantian kampas rem tidak perlu menunggu hingga alur “got” habis ataupun terlalu pendek, agar mencegah terjadinya habis kampas di tengah jalan karena pemakaian yang intensif ataupun jangka panjang di jalan saat touring. Ketika kampas diganti pun jangan langsung dipakai dengan “kekuatan maksimum” ya guys, karena alur pada permukaan kampas belum menggigit sempurna ke permukaan cakram, sesuaikan dulu kecepatan dan jarak pengereman kira-kira 30 ~ 40 km pertama.


Sebelum memasang dan menekan piston masuk ke dalam caliper kita bersihkan dulu area kampas rem dengan air sabun lalu keringkan, ini bertujuan agar dinding piston yang kotor karena pemakaian tidak membuat lecet seal-nya dan mengakibatkan minyak rem dapat bocor keluar. Ini sangat bahaya ya guys karena bisa mengakibatkan rem blong!


Setelah kita pasang kembali kampas dan caliper ke shock depan lalu tentu kita lakukan bleeding untuk mengeluarkan angin dalam sistem pengereman. Meskipun hal ini tidak wajib dilaksanakan, namun untuk menggaransi agar sistem pengereman terbebas dari angin palsu di dalam yang mana dapat mengakibatkan terjadinya rem blong, maka bleeding dianjurkan setiap melakukan penggantian kampas rem.

Proses bleeding pada pengereman depan motor pada dasarnya adalah sama (seperti pada artikel; https://9-engineering.blogspot.com/2020/10/ganti-kampas-rem-yamaha-jupiter-z-2004.html) dimulai dengan mengendurkan baut bleeder dengan kunci pas/ring 8mm yang posisinya seperti ditunjukkan pada gambar di atas.


Agar tumpahan minyak rem tidak bececeran ke mana-mana, maka dapat mempersiapkan wadah penampungan minyak rem bekas seperti pada gambar di atas.


Juga buka penutup reservoir tank dan bila perlu letakkan kain basah di sekitar tabung master rem untuk menghindari tetesan minyak rem yang dapat merusak permukaan dengan cat. Oh iya, di tabung reservoir saat proses bleeding nanti, pastikan volume minyak jangan sampai kehabisan, atau angin palsu juga dapat masuk ke dalam sistem pengereman.


Untuk melakukan bleeding pertama kita kendorkan dulu baut bleeder yang ada pada caliper, lalu pompa tuas rem kira-kira 5 sampai 6 kali pompa, sekali pompa dilakukan dengan cara menekan secara maksimal tuas lalu lepas hingga tuas kembali ke posisi bebas. Setelah pemompaan ke-5 atau ke-6 kita tahan tuas rem di posisi tekan lalu kencangkan baut bleeder lalu pompa kembali tuas hingga posisinya keras atau kembali seperti sedia kala, lakukan siklus ini berulang sampai 3 atau 4 kali dengan tetap menjaga volume minyak rem pada reservoir di master rem tetap pada posisi di atas garis minimum.

Bila sudah, pastikan isi minyak rem ke reservoir di posisi hampir penuh (agar tidak tumpah ketika tutup dipasang) lalu lakukan pengetesan ringan dengan cara mengerem ketika motor didorong dengan tangan. Lalu lakukan tes bertahap jarak dekat (semisal di komplek) lalu jarak menengah atau jauh secara bertahap dengan tetap melakukan aspek fitting atau penyesuaian awal kampas rem seperti yang dijelaskan di atas dan tentu saja menjaga keselamatan berkendara.

Nah jadi gimana guys? Sepertinya cukup mirip ya, cara mengganti kampas depan Honda Beat 2017 dan 2013, mudah-mudahan artikel ini juga bisa bermanfaat buat rekan-rekan semuanya ya. Terima kasih banyak buat semuanya yang sudah mampir dan kita ketemu lagi di artikel selanjutnya, ciao!


Regards,

Gigih









No comments:

Post a Comment