Search This Blog

Sunday, August 6, 2023

Ganti Bohlam Stop Lamp dan Cleaning Simple Area CVT Honda Beat 2017

Di ATPM atau pabrikan, share platform engine sudah jamak dilakukan mulai dari pabrikan motor atau mobil sejak lama. Alasan utamanya adalah memperkecil biaya produksi sehingga dalam satu kali development, hasilnya dapat dipakai dalam beberapa model dan memperkecil setting saat pergantian model di line produksi. Apakah ini buruk untuk konsumen? Tentu tidak karena justru konsumen seringkali mendapatkan kemudahan pencarian spare part dan kualitas yang terjamin dikarenakan development satu mesin dapat menjamin beberapa model.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Astra Honda Motor; pada model Honda Beat mesin yang sama juga digunakan untuk model Honda Scoopy. Hal ini tentunya memudahkan para konsumen untuk merawat dan mencari spare part atau bahkan part aftermarket dan variasinya, Honda Beat saja populasinya sudah cukup banyak ya kan apalagi ditambah dengan Scoopy yang menggunakan mesin yang sama.


Walaupun motor ini belum begitu tua ga ada salahnya lah ya kita mulai dari ganti bohlam stop lamp-nya, karena kebetulan mati hehe.


Langsung kita beli saja bohlam original AHM dengan serial no. 34906-GB6-921 ke bengkel resmi terdekat.

Untuk membukanya kita coba pindah ke bagian belakang. Seperti ilustrasi di atas kita lepas dulu dua baut yang ditunjukkan pada no. 1 dan 2.


Setelah itu kita ke bagian atas lampu belakang dan cek di rib atau pengunci bagian atas untuk lensa merah dan lepas kuncian dari housingnya yang berwarna hitam, lakukan dengan cungkil sedikit, hati-hati dalam melakukan ini jangan sampai housing patah ataupun rib pada lensa malah pecah.


Setelah itu tarik keluar lensa merah ke arah belakang, ini juga sama ya; lakukan dengan hati-hati karena biasanya sedikit keras. Tidak apa-apa untuk juga melakukan pencongkelan sedikit.

Nah setelah lensa terlepas, akan terlihat bohlam-nya. Di sini terlihat bohlam saya sudah gosong, kita lepas dengan cara ditekan ke dalam atau ke arah depan lalu sambil dalam posisi tekan putar bohlam berlawanan arah jarum jam, bohlam akan tertekan keluar dengan sendirinya karena adanya per pada seating-nya. Pada saat melakukan penekanan, juga hati-hati jangan sampai terlalu berlebihan dan pecah, kaca pada bohlam dapat melukai tangan, so keep safety ya guys. Nah kalau sudah tentu saja pasang bohlam baru dan rakit kembali lensa merah dengan langkah kebalikan pada saat melepas tadi.


Nah setelah beres kita pindah ke area CVT untuk melakukan pembersihan ringan. Saya melakukan cleaning CVT ringan ini kira-kira setiap setahun sekali. Cara untuk membersihkannya sebenarnya tidak jauh berbeda dari Honda Beat generasi sebelumnya (link; https://9-engineering.blogspot.com/2021/06/service-area-cvt-honda-beat-fi-2013-la.html) yang berbeda hanya untuk generasi yang sekarang sudah tidak menggunakan motor starter alias sistem starting-nya sudah terintegrasi dengan dynamo ampere-nya. Nah untuk cara membukanya tentu saja kita lepas dulu bautnya seperti pada gambar di atas di mulai pada nomor 3.


Setelah cover terbuka, untuk komponen cvt sendiri tidak harus dicopot, bisa kita lakukan pembersihan dengan meng-kuas agar debu-debu dan residual dari kerja unit CVT keluar. Lakukan ini dalam kondisi kering alias tidak perlu menggunakan air, air sabun atau cairan lainya karena dapat menyebabkan kemungkinan selip nantinya.


Lakukan pembersihan yang sama pada bagian dalam cover CVT, khusus untuk area poros pulley belakang; beri sedikit grease untuk membantu mengurangi keausan. Setelah pembersihan selesai kembalikan lagi komponen dengan urutan kebalikan dari saat melepas tadi.

Nah segitu dulu ya guys untuk pembahasan kali ini, semoga ini bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya dan sekali lagi keep safety and smart riding, see You next time, ciao!

Regards,

Gigih




 












No comments:

Post a Comment