Search This Blog

Sunday, August 2, 2020

Annual Service Honda CBR 150 Fi 2012 a la Rumahan Part-1

Semenjak Februari sampai Agustus ini Indonesia dan dunia masih diserang wabah Covid-19 yang vaksinya masih belum jelas juntrungnya. Apresiasi setinggi-tingginya untuk para tenaga medis dan jajaran pemerintah yang pontang-panting menangani bencana pandemic ini. Maka dari itu sebaiknya kita sebagai masyarakan juga perlu mengikuti protocol kesehatan yang sudah ditetapkan demi keselamatan diri dan keluarga serta semaksimal mungkin melakukan aktivitas di rumah saja; salah satunya adalah men-servis sendiri sepeda motor.

Men-servis sendiri sepeda motor tentu memiliki beberapa keuntungan tentunya selain factor moneter yang pastinya bikin irit budget. Kita jadi kenal betul seluk beluk motor yang kita pakai, motor jadi terjaga performanya. Saya memang sudah lama melakukan aktivitas ini, walaupun masih ada beberapa pekerjaan yang musti dikerjakan oleh bengkel professional. Tapi mari kita cek kenapa saya melakukan ini bersama Honda CBR 150 Fi keluaran tahun 2012.

    

Jadi kenapa saya servis CBR ini setiap satu tahun sekali ada beberapa latar belakang yang saya perhitungkan sebelumnya. Pertama mengenai pemakaian, pemakaian saya harian dengan kontur jalan yang relatif datar dan mesin standar, artinya tidak banyak “ngoyo” atau terforsir seperti di tanjakan atau pemakaian balap, terlebih spek mesin masih standar yang lebih mengedepankan factor  endurance. Selanjutnya adalah oli, pabrikan merekomendasikan mengganti setiap 4000km sekali sedangkan saya di 2000km sudah diganti maka lagi-lagi karena dikarenakan kualitas oli masih belum terlampau rusak maka mesin masih terjaga keausan dan jelaga di dalamnya belum terlampau banyak. Atas dasar itulah kenapa saya melakukan servis setahun sekali atau kira-kira 10.000km sekali.


Nah di atas adalah what to do untuk servis ala saya, well kenapa simple? Karena saya juga punya progam maintenance berkala lainya, seperti minyak rem dan kampasnya, saya biasa cek seminggu sekali, tekanan ban? Setiap hari saat akan menggunakan motor, rantai? Seminggu sekali saya cek-lumasi dan setting jika kendor. Jadi item servis di sini tinggal item-item yang level pekerjaanya sedang. So langsung aja kita awali dengan membongkar body untuk mengakses semua item di atas.


Pertama buka jok belakang dan copot jok depan dengan cara melepas dua baut  seperti ditunjukkan pada gambar di atas dengan menggunakan kunci L.


Lalu lepas cowl dengan cara mengendurkan bautnya terlebih dahulu, ada 3 baut yang perlu dilepas, posisinya seperti ditunjukkan pada gambar di atas. Untuk baut no.3 ada di bawah headlamp menghadap ke bawah.


Lepas cowl secara hati-hari terutama saat melepaskan clip dari lubang rib seperti pada gambar di atas. Agar tidak patah jika tangan masuk tekan clip dengan menggunakan jari sambil didorong keluar.


Tidak lupa untuk melepas kabel turn lamp atau sein. Dan lakukan pencopotan cowl ini untuk kedua sisi (kiri dan kanan).


Lalu selanjutnya kita akan membuka upper cowl yang terlebih dahulu baut pengikatnya seperti pada gambar di atas mesti dilepas terlebih dahulu.


Lalu lepas clip upper cowl terlebih dahulu dengan menekan bulatan tengah clip lalu tarik keluar. Setelah itu tarik upper cowl keluar dengan hati-hati.


Tarik tank cover ke depan lalu lepas Tank Cover.


Selanjutnya kita angkat bagian depan tangki dengan cara lepas Tank Cover dengan melepas baut no.1 dan 2 pada gambar, ambil Tank Cover lalu lepas baut no.3.


Lepas clip body samping seperti pada gambar di atas agar pada saat mengangkat tangki tidak terganjal. Angkat tangki, ganjal dengan balok atau pipa agar tidak jatuh menjepit tangan saat kita mengakses throttle body dan filter box.


Sebelum membuka cover box filter kita buka dulu baut pengikatnya sebanyak 5pcs di sekeliling box filter, jika sudah cover bisa langsung dilepas.


Selanjutnya adalah membuka baut pengikat Box Filter dengan melepas baut pengikatnya sebanyak 2pcs.


Setelah baut pengikat Box Filter terlepas dan klem pengikat throttle body ke box filter dikendorkan maka lepas selang injector dari penjepitnya, lepas drainase palka tangki, selang drainase box filter dan selang saluran hawa mesin. Nah sekilas tentang fungsi dari saluran-saluran ini; drainase palka tangki digunakan untuk membuang sisa bensin atau air yang ada di sekitar tutup tangki, drainase box filter berfungsi untuk membuang air atau cairan yang ada di dalam box filter lalu saluran hawa mesin digunakan untuk membuang hawa di gearbox. Di dalam gearbox juga ada panas yang dihasilkan oleh kinerja mesin mulai dari gesekan antar komponen sampai dengan naiknya suhu oli, jika ada panas maka aka nada tekanan, jika tekanan atau panas ini tidak dibuang maka mesin memiliki resiko jebol atau overheat, maka sangat dilarang saluran ini disumbat atau ditutup. Lha kenapa pada motor standar malah disalurkan ke  box filter, ini karena hawa mesin ini juga ada emisi walau tidak setinggi pembakaran gas buang, maka lebih baik disalurkan kembali ke box filter dan dimanfaatkan panasnya untuk membantu pembakaran.

Setelah selang-selang sudah aman maka box filter dapat ditarik keluar. Mungkin ada pertanyaan; bang, filter udara kaga dibersihin? Hehe sebenarnya filter udara sudah ga saya pake lagi guys. Saya tidak merekomendasikan hal ini karena tidak baik untuk mesin di jangka panjangnya, tapi alasan saya melepas filter udaranya untuk sedikit membantu performa mesin baik itu saat berakselarasi maupun di putaran tinggi agar tidak kehabisan nafas.


Langkah selanjutnya adalah melepas sensor-sensor pada throttle body, ada 3 yang perlu dilepas, sensor apa saja saya belom familiar hehe. Lepas baut injectornya dan tarik keluar.


Tarik Injector keluar dari sambungan selangnya.


Nah lepas dua baut pengikat kabel gas lalu, lepas kabel gasnya. Kendorkan klem pengikat Throttle Body dengan intake manifold lalu tarik throttle body keluar.


Nah setelah dilepas, bersihkan bagian luar dari throttle body dan semprot bagian dalamnya, untuk injector cukup semprot di bagian ujungnya karena di situ adalah area rawan untuk penumpukan kerak, sedangkan untuk luarnya cukup dibersihkan dari debu-debu saja.

Penyemprotan disarankan menggunakan produk Carburator Cleaner atau Injector Cleaner yang banyak dijual di pasaran dan gunakanlah lap kain bersih, lap bersih part sebelum kembali dipasang ke mesin.

Nah sedikit rekap, di part-1 ini saya share tentang langkah-langkah yang bisa dilakukan di rumah untuk servis tahunan Honda CBR 150 Fi lama mulai dari melepas body dan membersihkan throttle body serta injectornya. Next part-2 akan saya share mengenai kuras-ganti air radiator serta pengecekan tegangan aki. Untuk part-2 bisa check di link; https://9-engineering.blogspot.com/2020/08/annual-service-honda-cbr-150-fi-2012-la_15.html .Keep stay tune guys and thank you for comin.

Best Regards,

 

Gigih

No comments:

Post a Comment