Search This Blog

Sunday, February 18, 2024

Upgrade Sektor Kampas Ganda Honda Beat Fi 2017 (Part-2)

Oke, di part-1 kita sudah melakukan analisa masalah dan pembongkaran komponen kampas gandanya, yuk kita langsung lanjut untuk mengganti komponen kampas ganda. Btw ini musim hujan guys di Feb 2024, tetap jaga kesehatan ya dan hati-hati saat berkendara di musim hujan.

Gasss lanjot…!


Selanjutnya adalah memasang kampas dan per ganda yang baru. Yang perlu diperhatikan di sini adalah posisi pemasangan per ganda; posisikan ujung yang pendek per di cantolan kampas ganda yang terletak dekat dengan pin backing plate-nya. Hal ini mengacu pada posisi standar pabrikan sebelum kita mengganti agar kinerja komponen kampas ganda tetap normal. Setelah itu kembali pasang locking plate dan snap ring-nya.


Sejenak kita ke puli bagian depan; untuk roller kita juga melakukan penggantian, tapi spek tetap sama menggunakan standar pabrikan, hal ini bertujuan agar perubahan feeling berkendara tidak berubah secara signifikan karena yang menggunakan adalah ibu rumah tangga. Saya kurang hapal untuk berat roller standar pabrikan, kalau tidak salah 12 gram. Pada gambar di atas terlihat jelas roller lama sudah mengalami keausan bahan bopeng.


Dalam pemasangan roller ke dalam puli-nya, pastikan sisi roller berada pada sisi jalur yang terdapat coakan seperti pada ilustrasi di atas, hal ini agar gerak roller lancar di jalurnya.


Apa yang terjadi bila terbalik? Saya melakukan dry running trial atau percobaan menggelindingkan roller di jalur puli-nya. Yang terjadi adalah gerak roller menjadi sedikit terganggu karena selisih permukaan teflon dan plastic-nya terganjal pada coakan jalur.


V-belt juga diganti karena kebetulan sudah masa pakai-nya. Disarankan setiap 25.000km sekali mengganti V-Belt, memang masih bisa digunakan, tapi seperti terlihat pada gambar di atas V-Belt sudah mulai pecah-pecah yang artinya kejadian putus bisa terjadi kapan saja, pasti teman-teman sekalian tidak mau hal ini terjadi kan ya hehe.


Untuk merakit kembali komponen kirian-nya kita perlu memasang terlebih dahulu puli depanya. Setelah rumah roller terpasang, posisikan V-Belt mentok ke posisi depan seperti pada gambar, barulah setelah itu total puli depan dapat kembali dipasang dan dikencangkan mur pengunci-nya. Hal ini bertujuan agar pengencangan mur pengunci dapat masuk secara full dan puli juga dapat bekerja secara penuh pada jalur as-nya. Bila hal ini tidak dilakukan yang terjadi adalah sebaliknya, disinyalir mur tidak mengunci puli depan secara sempurna. Perlu diperhatikan juga pemberian sedikit grease pada as-nya agar memimimalisir keausan pada as dan puli saat bekerja nanti.


Sebelum memasang kembali puli belakangnya, lakukan pembersihan dan beri grease pada area pin slider seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas. Hal ini juga berfungsi untuk mengurangi keausan pada komponen puli belakang ketika bekerja nanti. Setelah itu pasang kembali kopling ganda dan per CVT ke puli lalu ke as belakang dengan langkah kebalikan dari saat melepas di part-1.

Setelah cover CVT terpasang tetap posisikan motor di standar tengah dan lakukan test dulu pada posisi mesin idle atau stasioner, cek apakah ada bunyi-bunyi atau getaran aneh, lalu gas tipis-tipis di low rpm cek dengan item yang sama, barulah lakukan pengetesan jalan dengan kondisi low speed lalu medium pada kondisi jalan aman.

Testimoni dari saya setelah memakai kampas ganda Daytona dan per sentri 1000rpm dari RX-7 Racing hasilnya memuaskan menurut saya. Angkatan awal tidak terasa perbedaanya seperti saat menggunakan komponen standar pabrikan, malah terasa lebih enak karena mungkin kontak permukaan kampas kopling ganda yang lebih besar daripada standar pabrikan. Gejala selip seperti yang di takutkan banyak orangpun tidak ada menurut saya asalkan tidak menggantung gas di posisi awal mau jalan (jadi ketika diam ya tutup gas, ketika akan berjalan gas diurut terbuka sesuai laju) sepertinya aman. Engine brake memang sedikit berkurang, mungkin ini karena efek per sentri yang lebih keras, tapi saya suka karena menjadi lebih aman untuk komponen kopling ganda tidak pada posisi selip dan belum pada area ngeblong yang sampai sama sekali tidak ada engine brake.

Oke guys seperti itulah bahasan kita kali ini terkait dengan komponen per ganda dan kampas kopling ganda yang “terpaksa” upgrade menjadi tipe racing. Semoga bermanfaat ya guys, tetap jaga kesehatan dan terima kasih sudah mampir. See you next time

Regards,


 

No comments:

Post a Comment