Search This Blog

Saturday, June 20, 2020

Pentingnya Oli Gardan Motor Matic (ft. Honda Beat fi 2013)

Sepele gedhe kasiate, pepatah bahasa Jawa yang artinya hal kecil tapi besar manfaatnya. Terkadang banyak hal-hal sepele yang malah kita sepelekan padalah mengakibatkan kerusakan yang tidak jarang fatal. Seperti contoh; kita mungkin jarang cek tekanan angin ban sebelum jalan, ga jarang akibatnya malah kempes di tengah jalah, pentil sobek jadi musti ganti ban dalam yang menyita biaya dan waktu kita. Nah yuk coba saya share satu lagi perawatan sepele yang semoga bisa bikin kendaraan tambah awet dan ga bikin kantong jebol.

Motor matic transmisinya memang digerakkan oleh CVT, tapi bukan berarti di transmisi matic tidak dipelukan pelumasan. Pada bagian belakang system transmisi juga terdapat final gear, walau konstruksinya berbeda dari final gear pada motor yang memakai rantai belakang.


Seperti contoh pada Honda Beat fi 2013, di bagian belakangnya terdapat gear-gear seperti pada ilustrasi di atas, komponen ini membutuhkan pelumasan dan harus diganti secara berkala dikarekana oli atau pelumasnya pasti rusak karena residu atas gesekan komponen dan panas.


Untuk Honda Beat fi lama, di buku panduan dianjurkan untuk mengganti oli gardan setiap 8000km sekali. Idealnya… setiap 4000km sekali atau 2 kali ganti oli mesin, 1 kali ganti oli gardan. Tapi jika masih dirasa tidak efisien maka dapat dipakai cara saya; yaitu setahun sekali.


Sekarang sudah banyak pilihan oli gardan di pasaran, mulai dari aftermarket resmi dari pabrikan maupun merk-merk lain. Ini bebas terserah bro sis sekalian tapi kebetulan untuk saya memilih AHM Transmission Gear Oil 120ml. Oli-oli jenis ini juga harganya sangat terjangkau guys, ini aja cuman 13rb satu botol.


Tidak harus beli oli khusus gardan matic, tapi juga bisa disubstitusi dengan oli dengan kekentalan 10W-40 baru, inget ya guys BARU, agar terhindar dari residu atau geram-geram halus yang malah mempercepat keausan gear di dalamnya. Volume oli juga perlu diperhatikan maka saran saya adalah melihat buku panduan masing-masing motor atau spesifikasinya. Untuk Honda family seperti Honda Beat, Vario 110, Scoopy bisa memakai takaran 0.14L±0.02L, 0.02L atau 20mL sama dengan 1 sendok makan, jadi tidak berpengaruh signifikan terhadap performa mesin.


Nah cara mengganti untuk Honda Beat fi gini; buka outlet port, keluarkan dulu oli lama yang ada di dalam gearbox, sambil buka inlet port biar dapat udara dan lancar keluar olinya. Semua baut inlet dan outlet port bisa dibuka dan dikencangkan menggunakan kunci 12, hati-hati ada ring di bautnya, jangan sampai hilang atau kemungkinan rembes dari baut bisa terjadi. Setelah tidak ada oli keluar dari lubang outlet port, pasang dan kencangkan lagi bautnya. Kalau oli menggunakan kemasan seperti AHM Transmission Oil yang saya beli, potong dulu bagian atas kemasanya. Nah lantas masukkan oli transmisi yang baru melalui inlet port-nya. Kencangkan kembali baut Inlet Port-nya dan yup, pekerjaan selesai, se-simple itu guys.

Regards,

 

Gigih


No comments:

Post a Comment