Sepele
gedhe kasiate, pepatah bahasa Jawa yang artinya hal kecil tapi besar
manfaatnya. Terkadang banyak hal-hal sepele yang malah kita sepelekan padalah
mengakibatkan kerusakan yang tidak jarang fatal. Seperti contoh; kita mungkin
jarang cek tekanan angin ban sebelum jalan, ga jarang akibatnya malah kempes di
tengah jalah, pentil sobek jadi musti ganti ban dalam yang menyita biaya dan
waktu kita. Nah yuk coba saya share satu lagi perawatan sepele yang semoga bisa
bikin kendaraan tambah awet dan ga bikin kantong jebol.
Motor matic transmisinya memang digerakkan oleh
CVT, tapi bukan berarti di transmisi matic tidak dipelukan pelumasan. Pada
bagian belakang system transmisi juga terdapat final gear, walau konstruksinya
berbeda dari final gear pada motor yang memakai rantai belakang.
Seperti contoh pada Honda Beat fi 2013, di bagian
belakangnya terdapat gear-gear seperti pada ilustrasi di atas, komponen ini
membutuhkan pelumasan dan harus diganti secara berkala dikarekana oli atau
pelumasnya pasti rusak karena residu atas gesekan komponen dan panas.
Untuk Honda Beat fi lama, di buku panduan
dianjurkan untuk mengganti oli gardan setiap 8000km sekali. Idealnya… setiap
4000km sekali atau 2 kali ganti oli mesin, 1 kali ganti oli gardan. Tapi jika
masih dirasa tidak efisien maka dapat dipakai cara saya; yaitu setahun sekali.
Sekarang sudah banyak pilihan oli gardan di pasaran,
mulai dari aftermarket resmi dari pabrikan maupun merk-merk lain. Ini bebas
terserah bro sis sekalian tapi kebetulan untuk saya memilih AHM Transmission
Gear Oil 120ml. Oli-oli jenis ini juga harganya sangat terjangkau guys, ini aja cuman 13rb satu botol.
Tidak harus beli oli khusus gardan matic, tapi juga
bisa disubstitusi dengan oli dengan kekentalan 10W-40 baru, inget ya guys BARU,
agar terhindar dari residu atau geram-geram halus yang malah mempercepat
keausan gear di dalamnya. Volume oli juga perlu diperhatikan maka saran saya
adalah melihat buku panduan masing-masing motor atau spesifikasinya. Untuk
Honda family seperti Honda Beat, Vario 110, Scoopy bisa memakai takaran 0.14L±0.02L, 0.02L atau 20mL sama dengan 1 sendok makan,
jadi tidak berpengaruh signifikan terhadap performa mesin.
Nah cara mengganti untuk Honda Beat fi gini; buka
outlet port, keluarkan dulu oli lama yang ada di dalam gearbox, sambil buka
inlet port biar dapat udara dan lancar keluar olinya. Semua baut inlet dan
outlet port bisa dibuka dan dikencangkan menggunakan kunci 12, hati-hati ada
ring di bautnya, jangan sampai hilang atau kemungkinan rembes dari baut bisa
terjadi. Setelah tidak ada oli keluar dari lubang outlet port, pasang dan
kencangkan lagi bautnya. Kalau oli menggunakan kemasan seperti AHM Transmission
Oil yang saya beli, potong dulu bagian atas kemasanya. Nah lantas masukkan oli
transmisi yang baru melalui inlet port-nya. Kencangkan kembali baut Inlet
Port-nya dan yup, pekerjaan selesai, se-simple itu guys.
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment