Search This Blog

Friday, September 5, 2025

Ganti Komstir Honda Beat Fi ESP 2017 a la Rumahan (Part-1)

Ngomongin soal riding, taste satu orang dengan yang lain tentu tidak bisa disamakan persis, asal tidak merugikan orang lain dan mengganggu keselamatan berkendara, saya pikir sah-sah saja. Ada yang senang touring ada yang lebih cocok sunmori atau mungkin enak di bawa trabasan, tapi buat saya yang terpenting adalah keandalan, baik itu digunakan untuk jarak tempuh dekat ataupun harian maupun touring.

Berlanjut dari penggantian kampas rem depan kemarin (link: https://9-engineering.blogspot.com/2025/06/ganti-kampas-rem-depan-honda-beat-fi.html) sayapun memakai motor ini untuk touring dari Bekasi ke Sukabumi, alhasil masih ada dua problem walaupun bersifat minor namun sepertinya menjadi list antrian untuk saya kerjakan berikutnya, yaitu ganti komstir dan ganti piston set master rem depan. Untuk piston rem, ini akan kita bahas di kesempatan selanjutnya karena memang belum terlalu kerasa feel “bagel”-nya. Untuk komstir sendiri setang terasa berat dan mengayun, namun saat melakukan “hard braking” terasa kendor dan bunyi “cekluk”, ini artinya memang sudah tidak bisa dipertahankan lagi.


Yuk kita langsung gas dengan melepas plat nomor terlebih dahulu yang bautnya ditunjukkan pada no.1 dan 2 pada gambar di atas.


Lalu lepas dahulu baut pengikat cover depan atas yang posisinya ditunjukkan pada no.3 di gambar di atas, baut ini ada di sebelah kanan dan kiri, yang terlihat di foto adalah sebelah kanan, maka setelah itu lepaslah juga yang di sebelah kiri.


Setelah itu dengan hati-hati tariklah cover depan atas keluar.


Untuk melepas cover depan, kita lepas dulu baut-baut yang ditunjukkan pada no. 4, 5 dan 6 pada gambar di atas, baut ini pun juga terdapat di sisi kanan dan kiri, maka lepas juga dengan posisi yang sama untuk di sebelah kiri.


Ada sedikit baut dan klip juga yang perlu di lepas dari arah depan; posisi seperti ditunjukkan pada no. 7 (clip) dan no. 8 (baut), tentu saja baut dan clip ini terdapat di sisi dan kanan, sehingga harus di lepas di sisi dan kanan ya guys!


Lepas cover depan dengan cara menarik keluar (ke depan), tentu dilakukan dengan hati-hati ya guys karena clip dan pin biasanya masih mengikat cukup kencang, apalagi bila motor belum pernah dibuka body-nya. Oh iya, sebelum ini area cover di samping yang saya beri lingkaran merah keluarkan dulu ke arah samping-luar di sisi kanan dan kiri terlebih dahulu agar tidak tersangkut di cover bawah-depan motor.


Lalu kita lepas cover depan bagian belakang yang menutupi backbone atau bagian rangka yang menutupi komstir dengan cara melepas baut yang ditunjukkan pada no. 9, 10 dan 11 pada gambar di atas.


Setelah itu lepas cover dengan menariknya kearah belakang dengan hati-hati. Untuk bagian bawah seperti yang ditandai di lingkaran merah, beri perhatian lebih hati-hati lagi saat melakukan pencopotan, karena area ini terdapat clip yang mengikat kuat yang berfungsi memperkokoh sambungan pada dek juga untuk meredam suara getar dalam pemakaian.

Nah kita akan break sejenak di sini, sampai di pembongkaran body motor bagian depan, kita akan lanjutkan lagi dengan melepas kompartemen sok depan dan komstir lalu mengganti dengan yang baru. Terima kasih banyak untuk yang sudah mampir, kita akan ketemu lagi di part-2, ciao!

Link Part-2

Regards,

Gigih









No comments:

Post a Comment