Ngomongin
soal riding, taste satu orang dengan yang lain tentu tidak bisa disamakan
persis, asal tidak merugikan orang lain dan mengganggu keselamatan berkendara,
saya pikir sah-sah saja. Ada yang senang touring
ada yang lebih cocok sunmori atau
mungkin enak di bawa trabasan, tapi
buat saya yang terpenting adalah keandalan, baik itu digunakan untuk jarak
tempuh dekat ataupun harian maupun touring.
Berlanjut
dari penggantian kampas rem depan kemarin (link: https://9-engineering.blogspot.com/2025/06/ganti-kampas-rem-depan-honda-beat-fi.html)
sayapun memakai motor ini untuk touring
dari Bekasi ke Sukabumi, alhasil masih ada dua problem walaupun bersifat minor namun
sepertinya menjadi list antrian untuk
saya kerjakan berikutnya, yaitu ganti komstir
dan ganti piston set master rem
depan. Untuk piston rem, ini akan kita bahas di kesempatan selanjutnya karena
memang belum terlalu kerasa feel
“bagel”-nya. Untuk komstir sendiri setang terasa berat dan mengayun, namun saat
melakukan “hard braking” terasa
kendor dan bunyi “cekluk”, ini artinya memang sudah tidak bisa dipertahankan
lagi.
Yuk
kita langsung gas dengan melepas plat nomor terlebih dahulu yang bautnya ditunjukkan
pada no.1 dan 2 pada gambar di atas.Lalu
lepas dahulu baut pengikat cover depan atas yang posisinya ditunjukkan pada
no.3 di gambar di atas, baut ini ada di sebelah kanan dan kiri, yang terlihat
di foto adalah sebelah kanan, maka setelah itu lepaslah juga yang di sebelah
kiri.Setelah
itu dengan hati-hati tariklah cover depan atas keluar.
Untuk
melepas cover depan, kita lepas dulu baut-baut yang ditunjukkan pada no. 4, 5
dan 6 pada gambar di atas, baut ini pun juga terdapat di sisi kanan dan kiri,
maka lepas juga dengan posisi yang sama untuk di sebelah kiri.
Ada
sedikit baut dan klip juga yang perlu di lepas dari arah depan; posisi seperti
ditunjukkan pada no. 7 (clip) dan no. 8 (baut), tentu saja baut dan clip ini
terdapat di sisi dan kanan, sehingga harus di lepas di sisi dan kanan ya guys!
Lepas
cover depan dengan cara menarik keluar (ke depan), tentu dilakukan dengan
hati-hati ya guys karena clip dan pin biasanya masih mengikat cukup kencang,
apalagi bila motor belum pernah dibuka body-nya.
Oh iya, sebelum ini area cover di samping yang saya beri lingkaran merah
keluarkan dulu ke arah samping-luar di sisi kanan dan kiri terlebih dahulu agar
tidak tersangkut di cover bawah-depan motor.
Lalu
kita lepas cover depan bagian belakang yang menutupi backbone atau bagian rangka yang menutupi komstir dengan cara
melepas baut yang ditunjukkan pada no. 9, 10 dan 11 pada gambar di atas.
Setelah
itu lepas cover dengan menariknya kearah belakang dengan hati-hati. Untuk
bagian bawah seperti yang ditandai di lingkaran merah, beri perhatian lebih
hati-hati lagi saat melakukan pencopotan, karena area ini terdapat clip yang
mengikat kuat yang berfungsi memperkokoh sambungan pada dek juga untuk meredam
suara getar dalam pemakaian.
Nah
kita akan break sejenak di sini, sampai di pembongkaran body motor bagian depan, kita akan lanjutkan lagi dengan melepas
kompartemen sok depan dan komstir lalu mengganti dengan yang baru. Terima kasih
banyak untuk yang sudah mampir, kita akan ketemu lagi di part-2, ciao!
Link Part-2
No comments:
Post a Comment