Halo semuanya, semoga semua dalam kabar yang baik ya. Saat artikel ini dibuat di bulan Juli 2025, kita sedang mengalami yang namanya Aphelion atau posisi di mana Bumi pada jarak terjauh di orbit mengitari matahari, inilah kenapa musim kemarau kali ini masih diwarnai dengan hujan. Keep safety dalam berkendara guys dan tetap sedia jas hujan selalu ya.
Nah dari part-1 (https://9-engineering.blogspot.com/2025/09/ganti-komstir-honda-beat-fi-esp-2017-la.html) kita akan melanjutkan untuk membuka komstirnya, yuk langsung kita sikat!
Kita
lepas setang untuk memudahkan
pembongkaran dengan cara melepas baut pada no. 12 di gambar di atas.
Setelah
itu angkat setang ke atas hingga
terlepas dari dudukanya. Perhatikan rentang kabel-kabel, bila perlu lepas clip pengikat ke rangka agar gerak setang saat dilepas lebih leluasa.
Selanjutnya
kita lepas spatbor depan dengan
melepas empat baut yang ditunjukkan pada no. 16 ~ 19 pada gambar di atas.
Kita
kembali sebentar ke bagian atas dan melepas mur penguncu dan mur komstir untuk
melepas secara penuh kompartemen shock
depan dan komstirnya.
Nah
untuk part komstir yang saya pakai adalah set komstir original dari Honda
Genuine Part dengan part no. 06535-GN5-505. Tentu saya memakai part ori ini
dengan alasan kualitas dan dimensi yang telah terjamin karena memang peruntukan
untuk Honda Beat Fi.
Kita
lepas terlebih dahulu bantalan bearing atau race
plate-nya, paling sederhana dilakukan dengan cara dipukul dengan as atau
batang besi dari sisi dalam.
Sebelum
merangkai bola bearing atau ball bearing kita pasang terlebih dahulu
untuk race plate-nya. Pertama adalah Bottom-Bottom Race Plate; memasang
komponen baru ke segitiga bawah cukup mudah karena tidak ada ukuran untuk
setting bola bearing-nya, cukup
pastikan race ball mentok merata di segitiga bawah menjepit
packing karet. Kemudian kita bisa
beralih ke Upper-Bottom Race Plate;
pasang secara merata dengan jarak permukaan terluar race plate ke mulut rangka 1.85±0.1mm,
sedangkan untuk Bottom-Upper Race Plate
ukuran settingnya adalah 7.00±0.1mm.
Tidak lupa saat pemasangan hindari memukul pada permukaan yang menjadi dudukan ball bearing-nya agar ball bearing tidak kembali oleng ataupun
terganggu pergerakan saat saat pemakaian nanti. Ukuran di atas menjadi krusial
karena juga menentukan stabilitas dan keseimbangan gerak setang kiri dan kanan.
Sebelum
merangkai ball bearing beri grease atau gemuk terlebih dahulu pada race plate agar bola bearing terlumasi
saat pemakaian nanti dan memudahkan saat perakitan karena menempel. Untuk
jumlah bola kalau tidak salah saya hitung ada 23 buah untuk bagian atas dan 28
buah untuk bagian bawah, namun begitu nanti tolong lakukan double check ya guys dengan memastikan bola bearing sudah rapat
terpasang dan tidak ada rongga ataupun bola bearing yang terpasang menumpuk.
Untuk memudahkan pemasangan rakit bola bearing di Bottom-Bottom Race Plate yang ada di segitiga bawah terlebih dahulu
lalu posisikan segitiga bawah terpasang pada rangka, setelah itu ganjal
segitiga bawah agar tidak turun dan bola bearing terlepas lagi, kemudian pasang
bola pada Upper-Bottom Race Plate
yang ada pada segitiga bagian atas yang nanti terkunci oleh mur komstir.
Setelah semua bola bearing terpasang dan Race Plate juga sudah diposisikan terpasang, pasang kembali mur komstir dan lakukan pengencangan secara maksimal dengan sambil memeriksa gerak segitiga atau komstir lancar ke kiri dan kanan tanpa hambatan ataupun terasa sangat berat, juga tidak terasa goyang ketika sok depan dipegang dan ditarik serta didorong terhadap sumbu komstir-nya. Bila segitiga terasa berat pergerakanya maka kendurkan mur secara perlahan sampai pergerakan kiri dan kanan terasa ringan. Setelah itu kunci komstir dengan mur pengunci agar setting-an tidak berubah dalam pemakaian. Selanjutnya rangkai kembali komponen yang tadi dilepas dan lakukan pengetesan jalan secara bertahap mulai dari kecepatan rendah dengan memutari komplek atau jalan sekitaran rumah, bila tidak ada masalah dijanjutkan dengan melakukan pengetesan ke jalan raya.
Bila
hasil pengetesan setang terasa berat pergerakan kiri dan kanan maka dapat
diulangi setting komstir dengan mengendurkan mur komstir, bila setang terasa
goyang atau kendor saat melewati jalan tidak rata, lubang ataupun ketika
melakukan pengereman, maka kencangkan mur komstirnya. Namun bila setang masih
terasa kendor dan berat, mungkin ada kesalahan saat pemasangan, kemungkinan
besar ada bearing yang tidak rapat atau kurang di sisi atas atau bawah atau
keduanya. Bila setang berat sebelah atau terasa tertarik ke satu arah kiri
ataupun kanan, kemungkinan besar pemasangan race
plate ada yang tidak seimbang atau tidak maksimal jaraknya terhadap chasis atau segitiga bawah.
Nah
sekian dulu guys untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya guys. Tetap
teliti saat pemasangan dan pembongkaran sehingga tidak ada part yang tertinggal
hilang ataupun rusak, juga tidak lupa tetap memperhatikan keselamatan
berkendara saat melakukan test drive yah.
Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya, terima kasih banyak!
Link Part-1
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment