Search This Blog

Friday, September 5, 2025

Ganti Komstir Honda Beat Fi ESP 2017 a la Rumahan (Part-2)

Halo semuanya, semoga semua dalam kabar yang baik ya. Saat artikel ini dibuat di bulan Juli 2025, kita sedang mengalami yang namanya Aphelion atau posisi di mana Bumi pada jarak terjauh di orbit mengitari matahari, inilah kenapa musim kemarau kali ini masih diwarnai dengan hujan. Keep safety dalam berkendara guys dan tetap sedia jas hujan selalu ya.

Nah dari part-1 (https://9-engineering.blogspot.com/2025/09/ganti-komstir-honda-beat-fi-esp-2017-la.html) kita akan melanjutkan untuk membuka komstirnya, yuk langsung kita sikat!


Kita lepas setang untuk memudahkan pembongkaran dengan cara melepas baut pada no. 12 di gambar di atas.


Setelah itu angkat setang ke atas hingga terlepas dari dudukanya. Perhatikan rentang kabel-kabel, bila perlu lepas clip pengikat ke rangka agar gerak setang saat dilepas lebih leluasa.


Lalu kita lepas roda dengan cara melepas baut no. 13 pada gambar di atas dan caliper rem depan dengan cara melepas baut “bintang” yang ditunjukkan pada no. 14 dan 15 pada gambar di atas.



Selanjutnya kita lepas spatbor depan dengan melepas empat baut yang ditunjukkan pada no. 16 ~ 19 pada gambar di atas.


Kita kembali sebentar ke bagian atas dan melepas mur penguncu dan mur komstir untuk melepas secara penuh kompartemen shock depan dan komstirnya.


Nah untuk part komstir yang saya pakai adalah set komstir original dari Honda Genuine Part dengan part no. 06535-GN5-505. Tentu saya memakai part ori ini dengan alasan kualitas dan dimensi yang telah terjamin karena memang peruntukan untuk Honda Beat Fi.


Kita lepas terlebih dahulu bantalan bearing atau race plate-nya, paling sederhana dilakukan dengan cara dipukul dengan as atau batang besi dari sisi dalam.


Tidak lupa race plate yang ada di segitiga bawah juga dilepas.


Sebelum merangkai bola bearing atau ball bearing kita pasang terlebih dahulu untuk race plate-nya. Pertama adalah Bottom-Bottom Race Plate; memasang komponen baru ke segitiga bawah cukup mudah karena tidak ada ukuran untuk setting bola bearing-nya, cukup pastikan race ball mentok merata di segitiga bawah menjepit packing karet. Kemudian kita bisa beralih ke Upper-Bottom Race Plate; pasang secara merata dengan jarak permukaan terluar race plate ke mulut rangka 1.85±0.1mm, sedangkan untuk Bottom-Upper Race Plate ukuran settingnya adalah 7.00±0.1mm. Tidak lupa saat pemasangan hindari memukul pada permukaan yang menjadi dudukan ball bearing­-nya agar ball bearing tidak kembali oleng ataupun terganggu pergerakan saat saat pemakaian nanti. Ukuran di atas menjadi krusial karena juga menentukan stabilitas dan keseimbangan gerak setang kiri dan kanan.

Sebelum merangkai ball bearing beri grease atau gemuk terlebih dahulu pada race plate agar bola bearing terlumasi saat pemakaian nanti dan memudahkan saat perakitan karena menempel. Untuk jumlah bola kalau tidak salah saya hitung ada 23 buah untuk bagian atas dan 28 buah untuk bagian bawah, namun begitu nanti tolong lakukan double check ya guys dengan memastikan bola bearing sudah rapat terpasang dan tidak ada rongga ataupun bola bearing yang terpasang menumpuk. Untuk memudahkan pemasangan rakit bola bearing di Bottom-Bottom Race Plate yang ada di segitiga bawah terlebih dahulu lalu posisikan segitiga bawah terpasang pada rangka, setelah itu ganjal segitiga bawah agar tidak turun dan bola bearing terlepas lagi, kemudian pasang bola pada Upper-Bottom Race Plate yang ada pada segitiga bagian atas yang nanti terkunci oleh mur komstir.

Setelah semua bola bearing terpasang dan Race Plate juga sudah diposisikan terpasang, pasang kembali mur komstir dan lakukan pengencangan secara maksimal dengan sambil memeriksa gerak segitiga atau komstir lancar ke kiri dan kanan tanpa hambatan ataupun terasa sangat berat, juga tidak terasa goyang ketika sok depan dipegang dan ditarik serta didorong terhadap sumbu komstir-nya. Bila segitiga terasa berat pergerakanya maka kendurkan mur secara perlahan sampai pergerakan kiri dan kanan terasa ringan. Setelah itu kunci komstir dengan mur pengunci agar setting-an tidak berubah dalam pemakaian. Selanjutnya rangkai kembali komponen yang tadi dilepas dan lakukan pengetesan jalan secara bertahap mulai dari kecepatan rendah dengan memutari komplek atau jalan sekitaran rumah, bila tidak ada masalah dijanjutkan dengan melakukan pengetesan ke jalan raya.

Bila hasil pengetesan setang terasa berat pergerakan kiri dan kanan maka dapat diulangi setting komstir dengan mengendurkan mur komstir, bila setang terasa goyang atau kendor saat melewati jalan tidak rata, lubang ataupun ketika melakukan pengereman, maka kencangkan mur komstirnya. Namun bila setang masih terasa kendor dan berat, mungkin ada kesalahan saat pemasangan, kemungkinan besar ada bearing yang tidak rapat atau kurang di sisi atas atau bawah atau keduanya. Bila setang berat sebelah atau terasa tertarik ke satu arah kiri ataupun kanan, kemungkinan besar pemasangan race plate ada yang tidak seimbang atau tidak maksimal jaraknya terhadap chasis atau segitiga bawah.

Nah sekian dulu guys untuk pembahasan kali ini, semoga bermanfaat ya guys. Tetap teliti saat pemasangan dan pembongkaran sehingga tidak ada part yang tertinggal hilang ataupun rusak, juga tidak lupa tetap memperhatikan keselamatan berkendara saat melakukan test drive yah. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya, terima kasih banyak!

Link Part-1


Regards,

Gigih











No comments:

Post a Comment