Search This Blog

Monday, May 12, 2025

Bike Catalogue: Vespa Mickey Mouse 2023

Sebelumnya kami mengucapkan hari raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin. Saat artikel ini dibuat di awal April 2025, di tengah-tengah arus balik ke arah Jakarta, memang banyak yang memberitakan arus mudik dan arus balik di Lebaran 2025 ini tidak seramai tahun sebelumnya, namun begitu pemudik yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi masih tinggi.

Masih bekerja sama dengan dealer motor premium dan secondhand premium; BikeBoss.86, kami kembali menghadirkan rubrik “Bike Catalogue” yang mana motor ini tidak hanya premium dan limited edition namun juga ditengarai nyaman dipakai untuk berkendara jarak jauh dan cukup “handy” untuk melibas kepadatan lalu lintas seperti saat mudik.


Inilah Vespa Primavera Mickey Mouse Limited Edition model year 2023. Secara bentuk masih klasik dengan basis Vespa Primavera 150, namun disematkan cat khas dari karakter ikonik Disney; Mickey Mouse yang memiliki warna khas merah, kuning dan hitam.

Kita mulai dari bagian kaki-kaki depan; masih dengan khas Vespa yaitu suspensi depan dengan menggunakan lever seperti layaknya pesawat terbang dengan sistem monoshock dengan roda ring 11 inchi dibalut oleh ban berukuran 110/70-11 termasuk lebar dikelasnya. Rem depan juga sudah menggunakan cakram dengan dijepit dua piston caliper yang mana sudah ABS, di sini yang unik adalah selang rem-nya sudah menggunakan tipe braided, kombinasi ini pasti membuat handling depan lebih mantab namun masih nyaman.


Tampilan depanya juga cukup apik, kesan klasik khas Vespa masih terasa dari tarikan garis yang dominan membulat dan beberapa garnish chrome namun tetap modern karena lampu depan yang sudah LED serta mempunyai DRL di body depan yang pasti LED. Sein depan masih menggunakan bohlam namun tersamarkan berkat refleksi dari lensa-nya.


Kita bergerak ke sisi setang, handle grip berdiameter cukup besar sehingga cukup nyaman untuk dipegang, terutama bagi yang mempunyai ukuran telapak tangan yang lebar. Switch panel cukup sederhana karena motor ini belum menggunakan teknologi riding mode, mulai sebelah kiri dari paling atas ada switch lampu jarak jauh yang dioperasikan cukup unik; bila ingin menyalakan terus geser saklar ke arah kiri dan geser ke arah kanan untu melakukan dim. Di bawahnya ada saklar sein lalu ada klakson di paling bawah. Di sebelah kanan paling atas ada switch untuk menyalakan lampu depan di bawahnya ada tombol mode untuk display menu pada speedometer. Lalu paling bawah ada tombol elektrik starter.


Untuk di cluster indicator, terdapat petunjuk kecepatan dengan dua satuan; km/h di bagian atas dan mph di bagian bawah. Indicator warning light-nya pun cukup lengkap, Terdapat ABS warning light, high beam indicator, oil pressure indicator; yang mana di kelasnya, hampir tidak ada yang dilengkapi dengan fitur ini, lalu ada indicator sein atau turn lamp dan fuel level indicator. Di tengahnya ada display digital yang menampilkan fuel level dengan bar, odometer yang bisa diganti dengan tripmeter lalu jam digital. Walaupun minus tachometer mesin namun secara keseluruhan panel indicator pada motor ini sudah cukup lengkap dan mudah untuk dibaca.


Sedikit turun ke bawah walaupun kontak masih belum menggunakan sistem keyless tapi kunci motor ini sudah dilengkapi dengan fitur immobilizer jadi walaupun penjahat bisa membobol kunci, namun tetap motor tidak bisa menyala kelistrikanya. Di sebelahnya ada tombol lambang anak kunci terbuka yang merupakan pembuka jok belakang secara elektrik.


Nah ini dia salah satu fitur andalan Vespa dari jaman dahulu, yak! Kompartemen depan, dibuka dengan cara menekan kunci dan terlihat di sebelah kiri ada tempat penyimpanan kecil yang kira-kira cukup muat untuk botol minum kecil, di atasnya terdapat socket USB untuk charging HP, namun jika disimpan di situ dan dibawa jalan, pastikan diberi pengaman tambahan seperti kain atau soft case karena khawatir HP glodak-glodak di dalam. Di sebelah socket USB ada kenop untuk membuka jok secara manual menggunakan kawat untuk berjaga bila sistem elektriknya sedang rusak. Di sebelah kanan ada fuse box, maka kompartemen depan ini dijamin tahan air ketika dipakai di saat hujan.


Untuk area dek tengah, hmm… ini mantab lebarnya, kaki akan santai memilih posisi seperti layaknya Vespa 2-Tak yang bisa menempatkan kaki di sebelah kiri dan kanan dek ataupun di tengah. Untuk pembonceng kakinya ditempatkan di dek depan bagian belakang, belum yakin apakah ini merupakan posisi dan letak kaki yang nyaman atau bukan, semoga kita juga bisa melakukan test Touring ke depanya ya. Untuk jok ini belum bisa mengulik lebih jauh karena karena motor ini masih baru jadi belum diperkenankan untuk membuka cover plastic-nya dan juga ini limited edition jadi belum bisa sembarangan guys hehe. Namun dilihat sekilas joknya tebal dan lebar untuk mengakomodir pengendara dan penumpang dengan nyaman.





Bagasi di motor ini cukup luas, muat untuk menyimpan satu helm full face. Di motor ini palka tangki bensinya menggunakan tutup plastic dan cukup di putar ke kiri untuk membukanya guys.


Nah di bagasi ada yang unik, “ember” bagasi dapat diangkat begitu saja tanpa ada baut pengikat dan langsung dapat meng-akses area mesin dan tangki bensin. Tangkinya seperti pada motor Aprilia menggunakan bahan plastic, tapi tenang guys ini sudah dijamin aman karena teknologi ini di Indonesia pun sudah jamak digunakan pada mobil-mobil Honda.


Untuk lampu belakang motor ini memiliki desain dan fitur yang sama persis dengan Vespa Primavera 150 yang menjadi basis modelnya; lampu stop dan belakang sudah menggunakan LED namun untuk sein masih menggunakan bohlam namun cahayanya jelas terlihat dari belakang.


Di sektor kaki-kaku belakang, velg ber-diameter 12 inch dibalut dengan ban berukuran 120/70-12” yang bertipe tubeless. Shock-nya tunggal di sebelah kiri dengan 4 tingkat penyetelan preload. Kombinasi ini diyakini dapat menunjang handling dan kenyamanan pengendara.


Untuk mesin, motor ini menggendong mesin 155cc i-get 4-tak berpendingin udara dengan 4 katup sama persis dengan model Primavera 150 biasa dan mengeluarkan daya 8,9KW pada 7.250rpm. mesin yang cukup bertenaga untuk dipakai ke luar kota maupun di dalam kota.


Nah sampailah kita di penghujung artikel guys, terima kasih semuanya yang sudah mampir dan terimakasih dari dealer premium bike dan premium secondhand @bikeboss.86 yang sudah mau meminjamkan motor untuk dilakukan ulasan. Keep safety riding guys and see you next time! Ciao!


Regards,

Gigih









No comments:

Post a Comment