Sebelumnya
kami mengucapkan hari raya Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf
Lahir dan Batin. Saat artikel ini dibuat di awal April 2025, di tengah-tengah
arus balik ke arah Jakarta, memang banyak yang memberitakan arus mudik dan arus
balik di Lebaran 2025 ini tidak seramai tahun sebelumnya, namun begitu pemudik
yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi masih tinggi.
Masih
bekerja sama dengan dealer motor premium dan secondhand premium; BikeBoss.86, kami kembali menghadirkan rubrik
“Bike Catalogue” yang mana motor ini tidak hanya premium dan limited edition namun juga ditengarai
nyaman dipakai untuk berkendara jarak jauh dan cukup “handy” untuk melibas kepadatan lalu lintas seperti saat mudik.
Inilah
Vespa Primavera Mickey Mouse Limited Edition model year 2023. Secara bentuk masih klasik dengan basis Vespa
Primavera 150, namun disematkan cat khas dari karakter ikonik Disney; Mickey
Mouse yang memiliki warna khas merah, kuning dan hitam.
Kita
mulai dari bagian kaki-kaki depan; masih dengan khas Vespa yaitu suspensi depan
dengan menggunakan lever seperti
layaknya pesawat terbang dengan sistem monoshock
dengan roda ring 11 inchi dibalut oleh ban berukuran 110/70-11 termasuk lebar
dikelasnya. Rem depan juga sudah menggunakan cakram dengan dijepit dua piston caliper yang mana sudah ABS, di sini
yang unik adalah selang rem-nya sudah menggunakan tipe braided, kombinasi ini pasti membuat handling depan lebih mantab
namun masih nyaman.
Tampilan
depanya juga cukup apik, kesan klasik khas Vespa masih terasa dari tarikan
garis yang dominan membulat dan beberapa garnish
chrome namun tetap modern karena
lampu depan yang sudah LED serta mempunyai DRL
di body depan yang pasti LED. Sein depan masih menggunakan bohlam
namun tersamarkan berkat refleksi dari lensa-nya.
Kita
bergerak ke sisi setang, handle grip
berdiameter cukup besar sehingga cukup nyaman untuk dipegang, terutama bagi
yang mempunyai ukuran telapak tangan yang lebar. Switch panel cukup sederhana karena motor ini belum menggunakan
teknologi riding mode, mulai sebelah
kiri dari paling atas ada switch
lampu jarak jauh yang dioperasikan cukup unik; bila ingin menyalakan terus geser
saklar ke arah kiri dan geser ke arah kanan untu melakukan dim. Di bawahnya ada saklar sein
lalu ada klakson di paling bawah. Di sebelah kanan paling atas ada switch untuk menyalakan lampu depan di
bawahnya ada tombol mode untuk display
menu pada speedometer. Lalu paling
bawah ada tombol elektrik starter.
Untuk
di cluster indicator, terdapat
petunjuk kecepatan dengan dua satuan; km/h di bagian atas dan mph di bagian
bawah. Indicator warning light-nya
pun cukup lengkap, Terdapat ABS warning light, high beam indicator, oil pressure indicator; yang mana di kelasnya,
hampir tidak ada yang dilengkapi dengan fitur ini, lalu ada indicator sein atau
turn lamp dan fuel level indicator. Di tengahnya ada display digital yang menampilkan fuel level dengan bar, odometer yang bisa diganti dengan tripmeter lalu jam digital. Walaupun
minus tachometer mesin namun secara
keseluruhan panel indicator pada motor ini sudah cukup lengkap dan mudah untuk
dibaca.
Sedikit
turun ke bawah walaupun kontak masih belum menggunakan sistem keyless tapi kunci motor ini sudah
dilengkapi dengan fitur immobilizer
jadi walaupun penjahat bisa membobol kunci, namun tetap motor tidak bisa
menyala kelistrikanya. Di sebelahnya ada tombol lambang anak kunci terbuka yang
merupakan pembuka jok belakang secara elektrik.
Nah
ini dia salah satu fitur andalan Vespa dari jaman dahulu, yak! Kompartemen depan, dibuka dengan cara
menekan kunci dan terlihat di sebelah kiri ada tempat penyimpanan kecil yang
kira-kira cukup muat untuk botol minum kecil, di atasnya terdapat socket USB untuk charging HP, namun jika disimpan di situ dan dibawa jalan, pastikan
diberi pengaman tambahan seperti kain atau soft
case karena khawatir HP glodak-glodak
di dalam. Di sebelah socket USB ada
kenop untuk membuka jok secara manual menggunakan kawat untuk berjaga bila
sistem elektriknya sedang rusak. Di sebelah kanan ada fuse box, maka kompartemen
depan ini dijamin tahan air ketika dipakai di saat hujan.
Untuk
area dek tengah, hmm… ini mantab lebarnya, kaki akan santai memilih posisi
seperti layaknya Vespa 2-Tak yang bisa menempatkan kaki di sebelah kiri dan
kanan dek ataupun di tengah. Untuk pembonceng kakinya ditempatkan di dek depan
bagian belakang, belum yakin apakah ini merupakan posisi dan letak kaki yang
nyaman atau bukan, semoga kita juga bisa melakukan test Touring ke depanya ya. Untuk jok ini belum bisa mengulik lebih jauh
karena karena motor ini masih baru jadi belum diperkenankan untuk membuka cover
plastic-nya dan juga ini limited edition
jadi belum bisa sembarangan guys hehe. Namun dilihat sekilas joknya tebal dan
lebar untuk mengakomodir pengendara dan penumpang dengan nyaman.

Bagasi
di motor ini cukup luas, muat untuk menyimpan satu helm full face. Di motor ini palka tangki bensinya menggunakan tutup
plastic dan cukup di putar ke kiri untuk membukanya guys.
Nah
di bagasi ada yang unik, “ember” bagasi dapat diangkat begitu saja tanpa ada
baut pengikat dan langsung dapat meng-akses area mesin dan tangki bensin.
Tangkinya seperti pada motor Aprilia menggunakan bahan plastic, tapi tenang
guys ini sudah dijamin aman karena teknologi ini di Indonesia pun sudah jamak
digunakan pada mobil-mobil Honda.
Untuk
lampu belakang motor ini memiliki desain dan fitur yang sama persis dengan
Vespa Primavera 150 yang menjadi basis modelnya; lampu stop dan belakang sudah
menggunakan LED namun untuk sein
masih menggunakan bohlam namun cahayanya jelas terlihat dari belakang.
Di
sektor kaki-kaku belakang, velg ber-diameter 12 inch dibalut dengan ban
berukuran 120/70-12” yang bertipe tubeless.
Shock-nya tunggal di sebelah kiri dengan 4 tingkat penyetelan preload. Kombinasi ini diyakini dapat
menunjang handling dan kenyamanan
pengendara.
Untuk
mesin, motor ini menggendong mesin 155cc i-get 4-tak berpendingin udara dengan
4 katup sama persis dengan model Primavera 150 biasa dan mengeluarkan daya
8,9KW pada 7.250rpm. mesin yang cukup bertenaga untuk dipakai ke luar kota
maupun di dalam kota.
Nah
sampailah kita di penghujung artikel guys, terima kasih semuanya yang sudah
mampir dan terimakasih dari dealer premium bike dan premium secondhand
@bikeboss.86 yang sudah mau meminjamkan motor untuk dilakukan ulasan. Keep
safety riding guys and see you next time! Ciao!
No comments:
Post a Comment