Okay! It’s good to be back! Nah semoga teman-teman sekalian keaadaanya sehat dan lancar semua sekeluarga ya, yuk let’s go kita lanjut
Link Part-1; https://9-engineering.blogspot.com/2024/09/event-report-giias-2024-part-1.html
Selanjutnya
masih di booth BMW ada mobil yang
tentu saja menjadi idaman dan menyita perhatian banyak orang, ini dia BMW M4.
Berbicara emblem M pada BMW tentu perhatian akan langsung ke spesifikasi
mesinya. Dibekali dengan mesin 3.000cc 6 silinder segaris M TwinPower Turbo,
berbeda dengan seri 4 biasa dengan mesin 4 silinder segaris 2.000cc. M
TwinPower Turbo memungkinkan mesin 6 silinder memiliki tenaga seperti mesin 8
silinder, memanfaatkan konstruksi twin
scroll turbo yang mana ada dua inlet
dengan fungsi berbeda, satu untuk performa di putaran bawah dan satu lagi di
putaran atas, sumber udara dari inlet
inipun juga berbeda bila 6 silinder biasanya 3 silinder akan men-supply 1 inlet dan 1 inlet lainya akan di-supply oleh 3 silinder sisanya. Hal ini
befungsi untuk meminimalisir lag pada
turbo sehingga boost lebih mudah
didapatkan pada setiap putaran mesin.
Masih
di hall yang sama ada Mini New
Countryman, namun yang ini adalah versi tertingginya yaitu JCW atau John Copper
Works. Di-tune oleh perusahaan yang
bertanggung jawab untuk versi sport dari pabrikan Mini, didirikan oleh putra
John Cooper, Michael Cooper pada 2002 yang pada akhirnya pada tahun 2008 dibeli
oleh BMW. Nah, kembali ke mobil, Mini Countryman JCW ini dibekali mesin 2liter in-line 4 silinder turbocharged bertenaga 300hp dengan transmisi DCT 7 percepatan
penggerak 4 roda, tentu akan menambah nikmat sensasi berkendara mobil SUV namu
dengan aura sport yan lebih kental.
Kita
kembali lagi ke pabrikan Jepang, yang kata owner
dari mobil ini, Jejelogy, Subaru Crosstrek ini menjadi mobil yang paling kotor
di ajang GIIAS 2024. Tapi menjadi apik dan menyiratkan kesan fungsional yang
kuat saat diajak off-road seperti
yang owner mobil ini lakukan. Yak,
betul mobil ini disematkan beberapa asesoris off-road seperti tambahan fog
lamp di depan, crash bar pada bumper depan dan skirt di samping, velg dan ban settingan off-road. Penetrasi pasar Subaru tidak hanya pasar motorsport saja namun juga off-road dengan menghadirkan
varian-varian SUV, Spesifikasi standar Subaru Crosstrek memang mendukung untuk
mobil ini melakukan sesi off-road
ringan, dilengkapi dengan mesin boxer 2liter
4 silinder, konfirgurasi mesin boxer
memungkinkan center gravity yang
lebih rendah sehingga dapat meminimalisir factor terjadinya body roll dan meningkatkan handling. Sistem Symmetrical All Wheel Drive-nya juga mendukung handling tidak hanya saat off-road
tapi juga stabilitas berkendara saat on-road
sistem ini memungkinkan ke-empat rodanya selalu aktif dan mendapatkan traksi
dari mesin.
Masih
kita bahas mobil dengan konfigurasi boxer
tentu kita juga akan teringat mobil ini; Toyota GR 86. Mobil yang di-develop dengan platform yang sama dengan Subaru BRZ berjenis sport car dengan mesin yang mirip spesifikasinya dengan Subaru
Crosstrek tadi; boxer 2liter 4
silinder namum untuk Toyota GR 86 penggeraknya adalah roda belakang, hmm… bagi
saya spesifikasi ini cukup reasonable
untuk dipakai di Indonesia, tidak terlampau besar dan buas tenaganya sehingga
sepertinya masih nyaman untuk dipakai di kecepatan rendah karena jalanan kota
di Indonesia yang macet haha.
Masih
di booth Toyota, kali ini ada Toyota
Hilux Rangga, yang di foto ini adalah versi modifikasi dari Toyota dengan box di
belakang, standarnya mobil ini adalah mobil bak terbuka single cabin. Sebenarnya sayapun naksir dengan mobil ini hehe, mobil bak terbuka yang bisa digunakan
untuk bisnis ataupun usaha, keluaran Toyota yang sudah terkenal dengan
keandalanya, tampilan yang tergolong keren di pasar mobil bak terbuka dan yang
paling penting adalah punya moncong guys hehe da nada fitur keselamatan dual airbag di depan. Sepertinya Toyota
Indonesia masih enggan untuk meng-upload
spesifikasi dan harga Hilux Rangga di situs resminya, tapi sepengetahuan saya
sewaktu hadir di event IIMS 2024 lalu
varian dari mobil ini sangat banyak, mesin memiliki 2 opsi yaitu mesin Diesel
2.400cc 4 silinder segaris dilengkapi dengan turbo atau mesin bensin 2.000cc 4
silinder segaris naturally aspirated
yang mana penggeraknya hanya dari roda belakang saja. Semoga saja kita bisa
melakukan review ataupun test drive lebih detail ya guys.
Kita
bergeser sedikit ke Toyota RAV4 PHEV GR Sport, mobil yang dibanderol 1,1 miliar
Rupiah ini menjadi pelengkap di pasar hybrid
PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle)
dibekali dengan mesin bensin 2.500cc 4 silinder segaris untuk membantu motor
listriknya dengan daya 136kW dan motor listrik dua buah, satu di depan
bertenaga 134kW dan belakang 40kW menjadikan mobil ini salah satu mobil hybrid yang paling bertenaga di pasar
Indonesia.
Kita
geser ke booth Mazda, ada MX-5 Miata,
mobil keren yang pasti membuat mata melirik, roadster ini menghasilkan performa yang tidak seperti tampilanya
yang mungil. Bertenaga 205HP berasal dari mesin 4 silinder in-line 2.000cc naturally
aspirated memiliki dua opsi transmisi; matic
dan manual yang sama-sama memiliki 6 percepatan. Untuk keluaran terbaru ini
sudah dilengkapi dengan velg BBS dan rem dari Brembo yang pasti menambah
ganteng tampilan serta performa, dibanderol 900juta-an Rupiah untuk pasar
Indonesia.
Nah
ini! Mobil yang viral beberapa waktu yang lalu, Suzuki Jimny 5 pintu, untuk
varian 5 pintu, mobil ini dirakit di India, sedangkan varian 3 pintu dirakit di
jepang. Berdasarkan situs resmi Suzuki harga otr Jakarta varian 5 pintu ini
dibanderol 465juta Rupiah selisih 17,6juta lebih mahal dari varian 3 pintu.
Spesifikasi mesin mirip dengan varian 3 pintu, menggendong mesin 1.500cc 4
silinder segaris naturally aspirated
dengan pilihan transmisi 4 speed A/T
atau 5 speed M/T, mobil ini menjadi
salah satu mobil idaman saya karena tentu memiliki fitur SUV sejati yang tinggi
serta transmisi 4x4 nya membuat siap untuk diajak melewati medan ekstrim.
Selanjutnya
kita bergeser ke pabrikan yang selama 10 tahun belakangan sedang naik daun
secara global, yep tidak lain tidak bukan Hyundai. Mobil konsep yang satu ini
pasti memikat mata; Hyundai N Vision 74, di desain dari basis Hyundai Pony
Coupe concept yang pernah dibuat di tahun 1974, Hyunda N Vision mencoba
melangkah di depan mobil sport elektrik yang belakangan ini menyerbu pasar
global. Menggendong motor listrik dan motor hydrogen bertenaga total lebih dari
600HP. Kita lihat apakah memang nanti motor hydrogen adalah masa depan
pengganti motor berbahan bakar fosil atau tidak.
Hyundai
Indonesia juga mulai mengenal varian performance-nya
dengan Hyudai Ioniq 5 N Performance. Mobil listrik yang diklaim dapat menambah
sensasi berkendara EV (mobil listrik) berperforma, dilengkapi dengan dua motor
untuk menggerakkan keempat rodanya, juga telah dilengkapi dengan LSD untuk
menunjang handling atau anda yang
ingin nge-drift dengan menggunakan
mobil ini. Cukup inovatif dan menarik yah, siap siap menyiapkan mahar sekitar
1,3M untuk memboyong pulang mobil ini.
Nah
itu tadi sejenak ulasan saya untuk kendaraan yang menarik perhatian saya di
GIIAS 2024 ini, kita nantikan keseruan berikutnya event tahun depan ya guys! Semoga bisa bermaanfaat yah, bila ada
masukan bisa tambahkan komentar di bawah ya guys, see You next time!
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment