Search This Blog

Saturday, November 14, 2020

Ganti Kampas Rem Depan Honda CBR 150R 2012

Again... masih seputar kampas rem... setelah Yamaha Jupiter-Z saya sekarang Honda CBR150R saya yang perlu ganti kampas rem. Pada dasarnya langkah-langkah yang dilakukan itu sama tapi ada beberapa detail yang berbeda dari satu model motor dengan yang lain, apa aja? Let’s cekidot!

So kampas rem saya memang masih bisa dipakai, tapi lagi-lagi dengan alasan keamanan dikarenakan jarak tempuh harian saya ke tempat kerja yang berlipat dua kali dari biasanya maka kampas yang sudah tipis mending saya ganti sekalian.

Sama seperti pada saat mengganti kampas rem depan Jupiter-Z pertama-tama kita harus melepas caliper dari bracketnya. Perbedaanya terletak pada baut caliper yang harus kita lepas, lepas baut caliper seperti ditunjukkan pada gambar di atas.

Lepas baut pengikat cover master cylinder dan buka covernya untuk memonitoring volume minyak rem. Letakkan kain di sekelilingnya, kalau bisa kain itu basah. Ini berguna untuk mencegah tumpahan minyak mengenai bagian yang memiliki cat. Minyak rem bersifat korosif sehingga bisa merusak cat.

Oh iya hampir lupa, lepas juga baut pengikat kampas rem tentu saja agar kampas remnya lebih gampang untuk dilepas. Sorry guys almost forget it hehe.

Saat menarik caliper, maka kampas rem kampas sudah dalam posisi terlepas. Langkah selanjutnya adalah menarik bracket keluar untuk dibersihkan.

Bersihkan bracket dan area caliper. Setelah dibersihkan tekan kedua piston ke dalam untuk memudahkan pemasangan kampas yang baru.

Nah untuk kampas remnya sebenarnya nomor partya adalah 06455 – KWF – 951, tapi.... harganya cukup tinggi, sekitar 200 ribuan dan tidak semua bengkel ready stock part-nya. Ini bisa di subtsitusi dengan kampas rem CB150 Streetfire generasi pertama; 0645 – KPP – N01 atau dengan kampas rem Honda Tiger seperti yang saya pakai ini, nomor part-nya 06455 – KYE – 901. Dipakai harian maupun turing perbedaan performanya tidak terlalu berbeda, original standar CBR memang paling mengigit dengan ketebalan kampas yang paling tipis dibandingkan dengan kampas CB150 atau Tiger, tapi jika ditilik value of money-nya jadi lebih efisien diganti dengan kepunyaan CB150 atau Tiger.

Pasang kembali bracket, kampas yang baru serta baut pengikat kampas rem ke caliper-nya. Lalu pasang caliper assy kembali ke suspensi.

Setelah semua baut caliper sudah dipastikan kencang maka sekarang saatnya untuk bleeding sistem rem-nya. https://9-engineering.blogspot.com/2020/10/ganti-kampas-rem-yamaha-jupiter-z-2004.html Nah link di samping adalah link ke artikel sebelumnya yang juga memuat cara bleeding sistem rem setelah melakukan penggantian kampas rem, walaupun motornya berbeda tapi cara bleeding-nya juga bisa diterapkan.

So thank you guys for coming, selamat mencoba di rumah, tetap jaga kesehatan dan keep safety riding. See you

Regards,

Gigih

No comments:

Post a Comment