Search This Blog

Friday, July 17, 2020

Cara Ganti Piston Master Rem Belakang Honda CBR 150 fi 2012 (Part-1)

Otak-atik motor sendiri…. Saya memang suka aktivitas ini semenjak mengenyam pendidikan di STM Otomotif. But why not? Selain dapat pengetahuan dan irit biaya ke bengkel, seringkali kita jadi bisa bantu orang lain. Ya walau tidak jarang pula kegagalan seperti baut dol, gagal pasang saya alami. Tapi lagi-lagi it worth a shot! Banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil dan bahkan menyentuh hidup beberapa orang di sekitar saya. Maka saya sangat senang menulis beberapa pengalaman saya dan membagikanya bersama anda sekalian.

Kali ini ada si CBR 150 Fi tahun 2012 saya yang bermasalah di sektor pengereman belakang. Sebenarnya saya sudah buka sebelum berencana menulis artikel ini, tapi coba ya saya share dari awal kira-kira bagaimana kronologis dan cara mengatasi masalah ini. Karena prosesnya cukup panjang maka artikel akan saya bagi menjadi-2 dan inilah part-1 nya J.


Yup berawal dari pedal rem belakang yang malah “ngebagel” atau keras dan tidak kembali ke posisi semula. Daaan sebelum menulis artikel saya sudah bongkar, cleaning dan rakit ulang lalu saya dapati master rem belakang sudah tidak mau memompa minyak rem ke system.


Alhasil saya beli piston set rem belakangnya dengan nomor part 43520-MJ6-315 yang saya beli di harga Rp. 154.000,-.


Nomor part itu kita dapat return spring dan pistonya, dust seal dan circlip. Untuk dust seal dan circlip kalo memang belom rusak bisa deh pakai yang lama. Nah part pengganti sudah ada saatnya kita bongkar master rem belakang dan ganti partnya.


Pertama lepas dua baut footstep dengan menggunakan kunci L.


Lepas baut selang rem menggunakan kunci pas/ring 12. Oh iya, hati-hati guys, selalu sedia dan tutupi permukaan cat yang ada di sekitar dengan menggunakan lap dan sedia air untuk membilas jika ada rembesan atau tetesan minyak rem. Minyak rem bersifat korosif dan mampu merusak cat.


Lalu lepas switch rem belakang dengan cara seperti pada gambar di atas.



Lalu lepas master rem belakang dengan pedal rem-nya dengan cara lepas clip pengunci lalu tarik as bubungan ke pedal rem seperti pada gambar di atas.


Lalu buka baut master rem belakang dari footstep kanan menggunakan kunci L agar pembongkaran master rem dan penggantian komponennya menjadi lebih mudah.


Lalu lepas tangki minyak rem dengan cara melepas baut pengikatnya yang posisinya ditunjukkan pada gambar di atas.


Lalu buang minyak rem ke wadah aman dengan cara membuka dua baut tutup tangki minyak rem.


Lalu lepas pin dengan cara dipukul keluar dan atau ditarik keluar menggunakan tang. Lalu kendorkan lock nut dengan cara diputar searah jarum jam. Lepas adjuser dengan cara memutar berlawanan jarum jam hingga terlepas dari ulir lalu tarik dust seal dengan menggunakan tangan hingga terlepas dari push rod.


Lalu lepas circlip dari push rod master cylinder.


Itu dulu untuk part satunya, sampai pada membongkar piston set yang lama. Di part-2 akan saya share untuk penggantian sampai pada bleeding minyak rem ke system pengereman agar siap dipakai. Stay tune guys.

Regards,

 

Gigih


No comments:

Post a Comment