Otak-atik
motor sendiri…. Saya memang suka aktivitas ini semenjak mengenyam pendidikan di
STM Otomotif. But why not? Selain dapat pengetahuan dan irit biaya ke bengkel,
seringkali kita jadi bisa bantu orang lain. Ya walau tidak jarang pula
kegagalan seperti baut dol, gagal pasang saya alami. Tapi lagi-lagi it worth a
shot! Banyak banget pelajaran yang bisa kita ambil dan bahkan menyentuh hidup
beberapa orang di sekitar saya. Maka saya sangat senang menulis beberapa
pengalaman saya dan membagikanya bersama anda sekalian.
Kali ini ada si CBR 150 Fi tahun 2012 saya yang
bermasalah di sektor pengereman belakang. Sebenarnya saya sudah buka sebelum
berencana menulis artikel ini, tapi coba ya saya share dari awal kira-kira
bagaimana kronologis dan cara mengatasi masalah ini. Karena prosesnya cukup
panjang maka artikel akan saya bagi menjadi-2 dan inilah part-1 nya J.
Yup berawal dari pedal rem belakang yang malah
“ngebagel” atau keras dan tidak kembali ke posisi semula. Daaan sebelum menulis
artikel saya sudah bongkar, cleaning dan rakit ulang lalu saya dapati master
rem belakang sudah tidak mau memompa minyak rem ke system.
Nomor part itu kita dapat return spring dan
pistonya, dust seal dan circlip. Untuk dust seal dan circlip kalo memang belom
rusak bisa deh pakai yang lama. Nah part pengganti sudah ada saatnya kita
bongkar master rem belakang dan ganti partnya.
Pertama lepas dua baut footstep dengan menggunakan
kunci L.
Lepas baut selang rem menggunakan kunci pas/ring
12. Oh iya, hati-hati guys, selalu sedia dan tutupi permukaan cat yang ada di
sekitar dengan menggunakan lap dan sedia air untuk membilas jika ada rembesan
atau tetesan minyak rem. Minyak rem bersifat korosif dan mampu merusak cat.
Lalu lepas switch rem belakang dengan cara seperti
pada gambar di atas.
Lalu lepas master rem belakang dengan pedal rem-nya
dengan cara lepas clip pengunci lalu tarik as bubungan ke pedal rem seperti
pada gambar di atas.
Lalu buka baut master rem belakang dari footstep
kanan menggunakan kunci L agar pembongkaran master rem dan penggantian
komponennya menjadi lebih mudah.
Lalu lepas tangki minyak rem dengan cara melepas
baut pengikatnya yang posisinya ditunjukkan pada gambar di atas.
Lalu buang minyak rem ke wadah aman dengan cara
membuka dua baut tutup tangki minyak rem.
Lalu lepas pin dengan cara dipukul keluar dan atau
ditarik keluar menggunakan tang. Lalu kendorkan lock nut dengan cara diputar
searah jarum jam. Lepas adjuser dengan cara memutar berlawanan jarum jam hingga
terlepas dari ulir lalu tarik dust seal dengan menggunakan tangan hingga
terlepas dari push rod.
Lalu lepas circlip dari push rod master cylinder.
Itu dulu untuk part satunya, sampai pada membongkar
piston set yang lama. Di part-2 akan saya share untuk penggantian sampai pada
bleeding minyak rem ke system pengereman agar siap dipakai. Stay tune guys.
Nah untuk part-2 nya bisa cek di link ini nih guys; https://9-engineering.blogspot.com/2020/07/cara-ganti-piston-master-rem-belakang_17.html
Regards,
Gigih
No comments:
Post a Comment